Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Minggu, 10 Mei 2009

"Qatar itu........."

Sahabat..... smoga aja saat ini dalam suasana bahagia yach... baiklah pada kesempatan ini..masih dalam indahnya berbagi budhe terinspirasi dengan adanya informasi di "Tentang Qatar"untuk para sahabat yang penasaran dengan seluk beluk kehidupan di negri kerajaan ini,Berikut selayang pandang pertanyaan serta jawabannya kita simak bareng yuuuuk....

Qatar tu termasuk negara Arab bukan sih...????
Sebelumnya .. budhe bingung juga sih tentang posisi Qatar sebenarnya. Kalau dilihat di peta dunia, Qatar itu hanya satu titik di ujung kanan Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Ya negara Arab Saudi merupakan kerajaan terluas di timur tengah. Tetapi Qatar adalah negara tersendiri yang dipimpin langsung oleh seorang Emir/raja yaitu Syaikh Hammad Al- Thani.Lokasi Qatar berbatasan dengan Saudi, Bahrain dan UAE.

Apakah Qatar sudah termasuk negara maju sebagaimana negara negara di eropa sono tuh...????
Dengan sumber daya alam berupa minyak dan gas, memang Qatar menjadi sangat kaya akhir-akhir ini. Tetapi bukan berarti kondisinya bisa disamakan dengan negara Eropa. Qatar masih dalam taraf membangun infrastruktur. Fly over, gedung-gedung bertingkat, hotel-hotel mewah, dan lain-lain masih dalam tahap pembangunan. Untuk hal ini, Qatar lebih tertinggal, bahkan dari Indonesia sekalipun. Tetapi untuk pelayanan publik, Qatar memang bisa dibilang termasuk sudah maju. Rumah sakit/"Puskesmas", "kantor kecamatan", imigrasi dan "polsek" sudah dilengkapi alat-alat canggih dan data penduduk tercatat dengan baik.

Kalau tinggal di Qatar, berarti harus bisa bahasa arab yak...????
Qatar merupakan salah satu negara yg multikultur. Kita bisa menemukan orang dari semua benua di sini. Jumlah pribumi Qatar hanya sekitar 20% dari total jumah penduduk. Sehingga, bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Inggris. Kalau belanja di mall, ke rumah sakit, sekolah, tempat makan dan tempat2 umum lainnya, bahasa Inggris-lah yang dipakai sebagai pengantar. Sedangkan, di pasar-pasar tradisional, penjual lebih banyak yang berbahasa arab, tetapi mereka umumnya bisa berbahasa Inggris, walaupun sepotong-sepotong. Sedangkan orang lokal sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris dengan baik, terutama untuk yang bekerja di sektor formal.


Enak ya di sana dekat Mekah, bisa naik haji setiap tahun.Jarak antara Doha ke Mekah di Saudi adalah sekitar 1500km. Kalau dibandingkan dengan kota di Indonesia, ini kurang lebih sama dengan jarak dari Palembang ke Denpasar. Jadi sebenarnya tidak terlalu dekat juga. Kalau naik bis, harus menempuh sekitar 24 jam perjalanan. Dan untuk berangkat haji tidaklah mudah. Walaupun sama-sama merupakan negara teluk, tetap saja Qatar dikenakan quota. Dan ada juga pembatasan untuk expat hanya bisa berhaji sekali dalam lima tahun. Sedangkan untuk umrah bisa dilakukan setiap waktu, asalkan bukan di antara dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Dan jangan dikira biaya haji dari Qatar bisa sangat murah, karena lokasi yg relatif lebih dekat dibanding Indonesia. Di tahun 2008, biaya haji dengan bis adalah 7700QR atau sama dengan 23 juta rupiah. Biaya ini tidak termasuk biaya makanan selama di Mekah dan Madinah. Sedangkan untuk umrah naik bis, dikenakan biaya sekitar 2000QR (6 juta rupiah).


Wanita sulit keluar rumah, bila tidak didampingi muhrim...???Mungkin ini terjadi di beberapa negara arab lainnya, tetapi tidak di Qatar. Di Qatar wanita relatif lebih bebas. Tidak ada kewajiban untuk memakai kerudung dan pakaian hitam. tetapi Alhamdulillah banyak wanita Indonesia yang sebelumnya tidak berkerudung menjadi berhijab. Selain itu, wanita juga diperbolehkan jalan-jalan sendiri. Malahan pemandangan wanita menyetir mobil sendiri cukup lazim di negara ini.


Amankan negara Qatar...?
Insya Allah... Qatar termasuk negara yang cukup aman tentu saja jika dibanding di negara kita... namun demikian bukan brati tak ada kejahatan disini.. hyeach.. nama orang jahat mah ga' disana ga' juga dimanapun pastinya ada.Sejauh ini kejadian seperti penculikan,pencurian,penipuan penodongan dan perampukan sangat jarang tertangar.Tentunya kita tetep harus waspada dan berhati hati dimanapun berada.

Bagaimana dengan makanan? Apakah lidah kita bisa cocok dengan masakan arab...????
Bumbu-bumbu asia bisa dengan mudah diketemukan di Qatar, karena banyaknya komunitas Filipina, Indonesia, Malaysia dan Thailand yang mempunyai taste yang kurang lebih sama. Makanan Indonesia pun banyak dijual di seantero Qatar. Mau pempek, gado-gado, siomay, batagor, gudeg, semua ada di Qatar. Selain itu, masakan dari seluruh dunia pun ada di sini.

Dan lagi klo' mo' masakan seselera kita ke' di Indo tinggal browsing aja resep resep mudah dengan hasih masakan lezad di internet.Yang jelas kita bakal kangen masakan kampung yang dulunya sempat disepelein.Untuk blajar masak juga lebih tergugah kemauannya setelah kita kluar dari negri sendiri dan di Qatar sini bahan bahan makanan Indo juga mudah didapat.

Di Qatar pada punya mobil smua yach...????
Yup!! di Qatar sini kendaraan terutama mobil tu menjadi transportasi utama,ga' ada kereta api dan masih syukur ada bis bis umum juga tapi jumlahnya tak sebanyak di negara kita.Dan lagi nich.. disini motor tu jarang banget bersliweran di jalan umum ya kali aja ada jalur tersendiri sebagaimana truk truk barang yang tidak bercampur dengan pengendara lainnya.Motor justru menjadi barang langka yang pastinya malah lebih mahal .. jangan tanya tampilan motor disini .. wow.. guedhe dengan cc sekitar 4000an... wwwwusssss... berasa terbang ke gurun nun jauh disana..

Umumnya orang-orang cenderung membeli mobil besar. Termasuk orang-orang Indonesia, banyak juga yang memanfaatkan kesempatan untuk membeli mobil besar dengan cc 4000 - 4500an. Mumpung di Qatar harga mobil dan bensin murah dan bisa digunakan berpetualang di gurun gurun pasir.Meski juga tak sedikit diantara kita yang memilih mobil mobil cantik sebagaimana yang ada di negara kita.Trus palagi yach.. disini juga masih ada lho pengguna sepeda ontel tapi jarang banget .. dan biasanya orang menggunakannya untuk sekedar olah aga atau mengantar pesanan dari warung warung gitu.. kebayang kant klo' pas lagi musim panas pake sepeda gayuh.. hmmm.. bisa bisa gosong berkuah dech kita kita..


Warga Indonesia lebih banyak yg bekerja di sektor formal/professional kah...???
Memang jumlah warga Indonesia yang menjadi professional di Qatar terbilang banyak. Tetapi tetap saja jumlah pekerja sektor Informal masih sangat mendominasi. Mudah-mudahan dalam masa mendatang lebih banyak pekerja professional yang kerja di Qatar.Dan klo' tidak memiliki ketrampilan tertentu pilihan bekerja di negri sendiri masih lebih baik karena hmm... beneran disini bukan tempatnya untuk bekerja serabutan jika pengen hidup layak.Pekerja informal di Qatar ini gajinya sangat minim dengan biaya hidup yang selangit.Memang sih tetep bisa nabung tapi tantangannya tak semudah jika ada di negara sendiri.Sebaliknya jika bekerja profesional dalam artian misalnya di kantor kantor tertentu ataupun di perusahaan,di Qatar sini sangat terjamin baik untuk kita yang bekerja maupun keluarganya dan tentu saja tentang gaji tunjangannya pun juga jauh lebih menjanjikan daripada di negri kita tercinta Indonesia.Alhamdulillah...

Bagaimana Musim di Qatar... panas banget yak...????
Iya kalo musim panas suhu luar bisa mencapai 50 derajat celcius dan hmmm... jangan tanya lagi air di kran tuh.. beneran setengah mendidih.Dan celakanya di Qatar tu ga' ada yang namanya pendingin air.. dah gitu kamar mandi kebanyakan tidak menggunakan bak melainkan shower (kali itu juga yang menyebabkan nyamuk ga' bisa hidup disini ga' ke' di indo negri kita tercinta yang mang gudangnya nyamuk.Solusinya kita klo' mandi ya subuh gitu dan tengah malem menjelang tidur hmmm... airnya dah hangat ga' sepuanas klo' di siang hari.Dan untuk keperluan cuci wudhu de el el ya kita nampung air secukupnya di suatu tempat gitu dech...

Klo' musim panas gini nich..
yang mesti diwaspadai kita di Qatar adalah dehidrasi karena diluar kita berhadapan dengan teriknya mentari dan di dalam ruangan kita tak kant mungkin hidup tanpa AC sehingga kebutuhan tubuh akan air minum jelas jauh dari biasanya.Trus kendala lainnya yaitu kita terutama untuk anak anak sering terserang iritasi pada mata karena terkena sinar matahari langsung pas pulang sekolah,nah ..untuk menghindarinya kita mesti tak boleh lupa menggunakan sunglasess serta krim pelindung setiap kluar rumah.

Di Qatar juga ada musim dingin. Kalau sedang musim dingin, suhu udara bisa mencapai 5derajat celcius. brrr... duingin pol...dan jarang banget ada hujan klo' pun turun ya pada musim dingin inilah terkadang hujan cukup deras disertai es.. namun tidak terus menerus seperti musim penghujan di negri kita.Jaket sarung tangan kaus kaki bahkan tutup kepala menjadi pakaian sehari hari kita di musim dingin ini.

Jelasnya Insya Allah .. sedahsyat ekstremnya musim di Qatar ini .. masih dalam batas tahan kita manusia dan pastinya ada solusi untuk mengantisipasinya.Dan enaknya nich.. pada setiap menjelang pergantian musim tu hampir seluruh toko toko outlet dan gerai gerai di mall mall serempak mengadakan sale atau diskont besar besaran hmmm...hmmm... saat nya smua orang pada nggerudug ngeborong hihihi.. termasuk budhe.. he ..ga' juga sih..

Setelah musim panas (autum) ada jeda musim nyaman dimana cuaca pas pasan selayaknya hidup di negri tropis ke' di Indo..nah..saat inilah smua kita senang jalan jalan atau sekedar menikmati indahnya Qatar di taman kota atau sepanjang pantai sambil mendampingi anak anak bermain.Begitu juga menjelang musim dingin (spring) duuu.. waktu indah untuk benar benar menikmati hidup di Qatar ini.

Sepertinya udahan dech.. dan monggo dhonk.. untuk sahabat yang tinggal di Qatar juga untuk urun infonya tentang Qatar... so ..makasih yach..

37 komentar:

sii melyn mengatakan...

wew.. makasi budhe buat infonya. Jadi nambah ilmu,hhe..

Reni Dwi Astuti mengatakan...

pingin ke Qatar Budhe... ajaken po'o aku, Budhe...

novita mengatakan...

Wow..Budhe..enak juga ya bisa tinggal di Qatar..jadi pingin..hi hi
Cari kerja di sini susah gak a Budhe terutama untuk bidang building sapa tau suami bisa ke sini he he..dulu sih setahun yg lalu pernah di tawarin soale kerja konstruksi di Arab (Ryad) tapi masih mikir kejauhan dan pulangnya musti 1 taun se.,,x..
Makasih.ya.infonya.sangat bermanfaat.kalo ada info..tolong di share ya Budhe..

ENDRIYANI mengatakan...

Ooooo jadi Qatar tuh gitu ya Budhe!!! dimana pun pasti ada kelebihan dan kekurangan ya Budhe...

Jadi pengen berkunjung kesana, tapi negara yg deket aja blom nich...hehehehe

Smoga Budhe betah...barokah...dan selalu dilindungi Allah SWT ya di negeri orang...Amin

budhe mengatakan...

Terima Kasih untuk sahabat :
@Sii Mellyin, Alhamdulillah.. budhe seneng klo' suguhan ini bermanfaat.terus belajar yach..
@Bunda Kayla,insya Allah dimanapun kita sama aja selagi slalu belajar untuk mensyukuri apa yg menjadi bagian hidup kita.. hayo atu klo' mo' ke Qatar.. duuu senengnya deket ma Kayla.. pasti seru yach.. smoga kesampaian..
@Mama Kayla,iya di Qatar negara yg sedang membangun di berbagai sisi tentu kesempatan itu banyak banget.. dan klo' minat cari info lowongan di kompas sabtu --minggu dan suami budhe lewat Guna Mandiri.Dan disini juga mudah untuk wanita bekerja trus jam kerjanya friendly banget dibedain ma jam kerjanya kaum bapak.Malah Mam.. meski pulang setaun sekali hub kluarga makin dekat setelah jauhan.insya Allah sih ga' nyesel selingkuh cinta ma negara laen hehe..
@ Mama Talitha amien.. makasih untuk doa kebaikan buat budhe smoga demikian pula Mama Taliyha sekeluarga..smoga kesampaian kita saling berkunjung dalam kebahagiaan..

Lifi Family mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat, seolah-olah kita diajak budhe keliling QATAR...nih

ilyasafsoh mengatakan...

salam kenal

ILYAS ASIA mengatakan...

jabat erat

ke2nai mengatakan...

kapan y sy bisa jalan2 ke Qatar.. :)

Puspita Wulandari mengatakan...

Jadi pingin dapat beasiswa ke Qatar. Ada siswaku yang pernah test bekerja di Qatar dibidang boga, namun sayang saya belum dapat kabar kelanjutannya.

Terima kasih infonya, bisa buat nambah wawasan buat dibagi-bagi ke siswa, masalahnya pernah ada tawaran bekerja di Qatar lewat sekolah untuk siswa jurusan boga.

Bude, kalau kemana-mana jangan lupa sebut namaku biar saya diberi kesempatan datang ke Qatar oleh Allah SWT. Amin.

budhe mengatakan...

Terima kasih mendalam untuk sahabat :Lifi family :Alhamdulillah..hahaha.. bisa aja...makasih kembali yaa
bang Ilyas :tentu..salam kenal juga..silahkan berkunjung kembali..
Bunda Ke2Nay :Insya Allah.. Qatar juga tujuan wisata mampir sehabis umroh ya Bunda.. ..
Bunda Puspita :Insya Allah semoga berkesempatan yach.. alhamdulillah berkenan.. dan tentu kita saling mendoakan.. yaaa..

Nia mengatakan...

wahh asyik ya budhe bisa tinggal di negeri orang dgn pekerjaan yg layak dan hidup terjamin....wah kapan ya aku bisa tinggal disana hihhihi....seneng kalo mampir ke blog budhe, byk info2 yg sgt bermanfaat....btw budhe tinggal di qatar udah brp lama?

Elsa mengatakan...

iya ya Budhe...
orang arab saudi aja, gak boleh haji tiap tahun lho. 5 tahun sekali. padahal hajinya dalam negri sendiri.

maka betapa beruntungnya rakyat indonesia..
yang bisa haji tiap tahun!!!

subhanallaaaaah

budhe mengatakan...

Terima kasih budhe haturkan untuk sahabat :
Mama Ina :Alhamdulillah... kami baru 3 tahun di Qatar.. insya Allah sih dimanapun kita tinggal sama aja yg penting pengeluaran jangan lebih besar dari pendapatan heheh.. betul tidak..Amien.. smoga keinginan kita terkabul..
Mba' Elsa :Iya..maunya sih tiap tahun kita berkunjung ke Baitullah tp jika tak berkesempatan.. sekali haji aja cukup yg penting smoga mabrur dan teraplikasikan dalam kehidupan sehari hari setelahnya..se7 kant..

IjoPunkJUtee mengatakan...

Qatar...??Suatu saat nanti, pengen menyaksikan motoGP di sana.....semoga....

Susye akses blog nye ye Budhe...?? Kata temen2 karena pop up windows comment, tapi belon bisa rubah kotak komen dibawah postingan...he...he...
Prof masih dudul....:)

Mama Rafi mengatakan...

Infox menarik bgt jd tau gmn kehdpan di qatar sana. Tp gmnpun enakx d negri org msh lbh enak negri sdri ya bu.

Cengkunek mengatakan...

pingin pindah ke qatar
gak enak di indonesia
kemana2 banyak asap rokok

budhe mengatakan...

Terima kasih setulusnya juga budhe ucapkan untuk sahabat :
IjoPunkJutee :iya.. hayo seru banget lho..lebih heboh nyaksikan langsung..tp hmm..budhe mah ga' kuat debunya hiks..
Mama Rafi :betul Mam.. kampung halaman tetep dirindu..ga' ada duanya heheh.
Cengkunek :ha.. klo' asap rokok mah dimanapun marak hehehe..tp mang disini ga' boleh disembarang tempat..hayo ke Qatar.. duuu pengen banget bisa kopdar ma seleb Cengkunek..

CEMOLEX mengatakan...

PINGIN SUATU SAAT NANTI DATANG PESANAN BARANG DARI QATAR.... KAPAN YA..?

aNGga Labyrinth™ mengatakan...

di qatar itu bukan nya ada pangkalan udara amerika ya, klo ngak salah namanya US Soxcent air base

apa ngak serem?

budhe mengatakan...

Makasih mas Angga Labyrinth... setau budhe raja Qtr mang pro amrik selama ini dan untuk masalah Iran baru baru ini aja menyatakan pembelaaannya..

Sejauh ini sih ga' ngrasa serem...enjoy aja.. ga' tau dech kedepannya..wallahu a'lam

Yannie mengatakan...

Wah..informasinya lengkap, padat, terjabar, dan berisi...Makasih infonya ya Budhe...Awalnya saya pikir di Qatar sepanjang tahun panas menyengat seperti di negara arab lain yang bergurun pasir...ternyata ada beberapa musim juga ya....Salam tuk keluarga tercinta, sehat selalu ya Budhe....

Kika mengatakan...

Waduhhh kapan ya aku bisa sampai ke Qatar...hikhik bikin pengin saja...

Lyla mengatakan...

budhe... saya mau nulis pesan di shoutboxnya kok gak bisa2 ganti pake shoutmix atau cbox aja budhe lebih gampang kalo pake oggix sering error gitu. oya saya mau kasih award buat budhe moga2 budhe sudi mengambilnya. Awardnya ada di http://lylafitri.com/my-lovely.html

Kimmy mengatakan...

wah... kapan ya bisa ke Qatar ketemu Budhe.. salam kenal dari saya ya budhe :)

Anonim mengatakan...

Hі thеre very nicе blog!! Guy .. Βеautiful .
. Αmazing .. I will bookmаrκ your webѕite and
take the feeԁs additionally? I am happу to fіnd
so many helρful info right here within the put up, ωe need wогk out
eхtra strategies on this regard, thanks for sharіng.
. . . . .

Alѕo visit my web pаge - pikavippi
Also see my webpage -

Anonim mengatakan...

Great dеlivery. Sound arguments. Κeep up
the good work.

Alѕo vіsit my blog poѕt; http://www.vapornine.com
Also visit my website vapornine

Anonim mengatakan...

Hеу there! I simрly wish to gіve you a huge thumbs up for your
excellеnt infо уou've got here on this post. I will be returning to your site for more soon.
Also see my site - buy followers instagram

Anonim mengatakan...

I know this if off tοpic but I'm looking into starting my own weblog and was wondering what all is needed to get setup? I'm assuming havіng a blog like yοurѕ would cost a pretty ρenny?

I'm not very web savvy so I'm not 100% certain. Any recommendations or advice would be greatly appreciated. Many thanks
Look at my site : getting twitter followers

Anonim mengatakan...

Right aωay I am ready to do mу bгeakfast, oncе hаving my bгeaκfаst coming
yet agаin to read more nеwѕ.

Feel freе to surf to my homepage igv
my webpage > ujz

Anonim mengatakan...

ӏ'll right away take hold of your rss as I can't in finding your email ѕubscription link or
e-nеwѕletter service. Do you have any? Please let
me knоω so that I cοuld subscribе.
Thаnks.

Here is mу website :: marketing social network
Have a look at my web site - internet marketing business

Anonim mengatakan...

Hello, Neat post. There is a problem with your web site in internet explorer, may check this?

IE still is the market chief and a huge component to other people will omit your magnificent writing because
of this problem.
Also visit my web page :: location voiture particulier a particulier

Anonim mengatakan...

Hi there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative.

I am gonna watch out for brussels. I'll be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

Here is my weblog ... optionfair

Anonim mengatakan...

Wonderful goods from you, man. I've remember your stuff previous to and you are simply too great. I really like what you've
obtained here, really like what you're saying and the way in which in which you are saying it. You are making it entertaining and you continue to take care of to stay it wise. I can not wait to read much more from you. This is actually a terrific website.

My site; aaa fx

Anonim mengatakan...

Wonderful goods from you, man. I've remember your stuff previous to and you are simply too great. I really like what you've obtained here, really like
what you're saying and the way in which in which you are saying it. You are making it entertaining and you continue to take care of to stay it wise. I can not wait to read much more from you. This is actually a terrific website.

Here is my webpage; aaa fx
Also see my webpage > aaa fx

Anonim mengatakan...

buy ativan ativan dosage back pain - lorazepam 1mg for mri

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax drug test detection time urine - xanax drug addiction symptoms

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...