Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Minggu, 09 November 2008

"Tips dan Trik Menjinakkan Rasa Marah

Ketika emosi dan amarah memuncak maka segala sifat buruk yang ada dalam diri kita akan sulit dikendalikan dan rasa malu pun kadang akan hilang berganti dengan segala sifat buruk demi melampiaskan kemarahannya pada benda, binatang, orang lain, dll di sekitarnya.

Banyak orang bilang kalau menyimpan emosi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat pecah sewaktu-waktu dan bisa melakukan hal-hal yang lebih parah dari orang yang rutin emosian.

Oleh sebab itu sebaiknya bila ada rasa marah atau emosi sebaiknya segera dihilangkan atau disalurkan pada hal-hal yang tidak melanggar hukum dan tidak merugikan manusia lain.

Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengandalikan emosinya :
1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
2. Marah dengan merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya.
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.
4. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan.
5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
6. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam.
7. Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain. dsb…

Cara lainnya :

1. Rasakan Yang Orang Lain Rasakan
Cobalah bayangkan apabila kita marah kepada orang lain. Nah, sekarang tukar posisi di mana anda menjadi korban yang dimarahi. Bagaimana kira-kira rasanya dimarahi. Kalau kemarahan sifatnya mendidik dan membangun mungkin ada manfaatnya, namun jika marah membabi buta tentu jelas anda akan cengar-cengir sendiri.

2. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman
Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mingkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

3. Mencari Kesibukan Yang Disukai
Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi.
Contoh seperti mendengarkan musik, main ps2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati, menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, dan lain sebagainya.

4. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain
Yang Bisa DipercayaMenceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Jangan curhat pada orang yang tidak kita percayai untuk mencegah curhatan pribadi kita disebar kepada orang lain yang tidak kita inginkan. Bercurhatlah pada sahabat, pacar/ kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.

5. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi
Ketika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.

6. Ingin Menjadi Orang Baik
Orang baik yang sering anda lihat di layar televisi biasanya adalah orang yang kalau marah tetap tenang, langsung ke pokok permsalahan, tidak bermaksud menyakiti orang lain dan selalu mengusahakan jalan terbaik. Pasti anda ingin dipandang orang sebagai orang yang baik. Kalau ingin jadi penjahat, ya terserah anda.

7. Cuek Dan Melupakan Masalah Yang Ada
Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting. Misalnya dalam hati berkata : ya ampun…. sama yang kayak begini aja kok bisa marah, nggak penting banget sich…

8. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak
Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yang karena diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.

9. Diversifikasi Tujuan, Cita-Cita Dan Impian Hidup
Semakin banyak cita-cita dan impian hidup anda maka semakin banyak hal yang perlu anda raih dan kejar mulai saat ini. Tetapkan impian dan angan hidup anda setinggi mungkin namun dapat dicapai apabila dilakukan dengan serius dan kerja keras. Hal tersebut akan membuat hal-hal sepele tidak akan menjadi penting karena anda terlalu sibuk dengan rajutan benang masa depan anda. Mengikuti nafsu marah berarti membuang-buang waktu anda yang berharga.

10. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah
Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting. Tujuan hidup anda adalah yang paling penting. Anggap kemarahan yang tidak terkendali adalah musuh besar anda dan jika perlu mintalah bantuan orang lain untuk mengatasinya.

11. Untuk meredam amarah orang lain sebaiknya kita tidak ikut emosi
ketika menghadapi orang yang sedang dilanda amarah agar masalah tidak menjadi semakin rumit. Cukup dengarkan apa yang ingin ia sampaikan dan jangan banyak merespon. Tenang dan jangan banyak hiraukan dan dimasukkan dalam hati apa pun yang orang marah katakan. Cukup ambil intinya dan buang sisanya agar kita tidak ikut emosi atau menambah beban pikiran kita.

12. Jika marahnya karena sesuatu yang kita perbuat maka kalau bukan kesalahan kita jelaskanlah dengan baik, tapi kalau karena kesalahan kita minta maaf saja dan selesaikanlah dengan baik penuh ketenangan batin dan kesabaran dalam mengatasi semua kemarahannya. Lawan api dengan air, jangan lawan api dengan api. Semoga berhasil menjinakkan emosi rasa marah anda.

.. åîÑ håWådåå ..

30 komentar:

ARS mengatakan...

Alhamdulillah... :)

Ummu khalid mengatakan...

kalo lagi marah biasanya langsung wudhu lumayan bisa mengurangi kemarahan, alhamdulillah....

mingto, obsesion seleb mengatakan...

yup... marah itu ternyata gak ada gunanya sama sekali yah?
Marah itu hanya memperpendek umur. jgn suka marah yah!!

ENDRIYANI mengatakan...

Makasih Budhe...atas postingannya nich...Iya nich semenjak jadi ibu-ibu sering kali suka pengen marah-2 mulu...hehehehe
Padahal dulu saya paling gak bisa marah...Klo marah dikit malah pengen ketawa...

Herdin O. T. mengatakan...

Untuuung aku jarang marah....

ke2nai mengatakan...

kl lg marah sy termsk yg di point ke-6 tuh budhe. Menangis & larut dlm kesedihan yg mendalam. Tapi kl udah kesel2 bgt ya. Kl gak terlalu kesel biasanya sie milih cuek aja, gak mau dipikirin.

Solusinya biasanya ya itu deh cuek, gak mau dipikirin. tapi kalo udh lumyan berat biasanya milih sendiri dulu. Ngerjain hobi ato berpikir. Pokoknya sendiri. Kalo udah gitu lumayan budhe masalah bisa jauh berkurang, syukur2 bs ilang :)

^MyRadith^ mengatakan...

whoaaaa.... bunda bgt tuch.
semuanya da dicoba tp emg watak so jd susah berubah :D

Emi mengatakan...

bagus artikelnya Budhe..., kami lg belajar jg jd orang sabar, soalnya anya rewelan sekarang..hihi

ichaawe mengatakan...

assalamualaikum... salam kenal niy dr Mesir.

buat aku jinakin rasa marah ada dua, curhat dan ngambek *hehe efek dr marah*

iien mengatakan...

Maksih budhe dah re-minder aku soal marah2...
heheh soale akhir2 ini suka marah 2 sama anakku yg sedang remaja...
Masyaalhhh.. sulit banget menghadapinya..
Punya trik menghadapi remaja tak Budhe?

EvieJPu mengatakan...

wah..makasih Budhe postingannya bagus..sangat bermanfaat.

Nu gaduh blog mengatakan...

uwaa...maluuu baca postingannya budhe...serasa disindir...abis bunda banget tuh...paling ga bisa nahan marah kalau lagi kesel sama azra...duuh nak, malang nian nasibmu...maafin bunda yah ...hehe...

ellie mengatakan...

waaahhhh,, bisa banget... el bakal coba tips nya.... tapi el ngambekan, bukan marahan hihihihi sama gak ya?? kekekekke

ciwir mengatakan...

marah itu nggak baik.. tapi sekali-kali boleh lah.. jangan keseringan...
salam kenal bunda.. dari yang di indonesia...

Lyla mengatakan...

wah Budhe... tipsnya bagus banget... tp kadang kalo aku marah keluarin aja tp abis itu ya udah... hehehe sifat ku jelek yakk

Asih Evan mengatakan...

bener budhe kalau kita lagi emosi..temen curhat adalah salah satu obat manjur untuk melampiaskan curhatan hati kita yang mangkel..supaya gak sesek hehe..

Milla Widia N mengatakan...

mesti belajar mengendalikan rasa marah nih... trims tips2nya ya budhe

Anggorowati mengatakan...

Tipsnya & triksnya bagus bgt budhe... tulisan ini saya simpen yah? krn bermanfaat bgt buat org yg gampang marah kayak saya ini..hehehe... belajar sabar itu susah bgt budhe...:D

rumah lina mengatakan...

tambah satu obatku budhe kl marah...nyetir sampe nyasar hihihi puyeng cari jalan pulang jd ga marahh hahaha

elly.s mengatakan...

saya emotional..jujur saja..

makasih atas advise nya...
Insya Allah!

Riema Ziezie mengatakan...

Budhe blognya makin keren habis skrg ... makasih tipsnya ya kakaku sayang..zie disini kan sendiri jd kadang klu lg sedih jd sedih banget..budhe ada award utk budhe sayang diambil ya

Witha mengatakan...

Good posting Budhe...
Aku klo marah, kadang suka masih nangis. Ntar lagi klo marah, daripada nangis kualihkan ke jogging aja deh, sehat dan juga melangsingkan he..he..

suwito mengatakan...

artikelnya bagus sekali. sangat membantu. salam kenal yah.

tyas mengatakan...

iya nih budhe.. aku suka memendam rasa marah, tapi lama2 dipendam jadi suka meledak ke orang yg salah...

thanx sharingnya ya budhee....

Zippy mengatakan...

Wah, kayak'x cocok banget buat gue yg emosian, heheheh...

Salam kenal...

daus mengatakan...

Alhamdulillah budhe, selama aku marah aku bisa jaga emosiku, mungkin untuk meluapkan semuanya lewat http://www.plurk.com/user/daus kan ga mungkin aku luapin ke orang yg ga punya salah, apalagi keorang yg punya salah, terima kasih atas semua saran"nya, perbanyak istigfar dan agungkan nama allah yg menciptakan kita, alhamdulillah aku ikut Liqo kok.

widie mengatakan...

Bagus bener neh tipsnya ntar aku praktekin secara aku orgnya ngga sabaran plus pemarahh hahahaha lengkap ya budhe.

Yannie-Jepang mengatakan...

Marah pada saat dan kondisi yang tepat ngak masalah kali ya.... yang jadi masalah kalo marah tanpa sebab dan meledak-ledak ya Budhe...

mingto mengatakan...

bude, dmn sih? postingnya resp makanan bikin laper z. Kapan2 aku di undang donk. nmrKu nih 085292340820, aku di jogja

athhartila mengatakan...

mudah mudahan kita smua dapat menahan marah, dan melarikannya ke hal positif

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...