Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Minggu, 02 November 2008

"Sakit Kepala Nyut Nyutan ?????"

Hallo Sahabat.......


Pada kesempatan belajar saat ini ,budhe ingin mencoba menampilkan satu permasalahan yang sangat akrab dialami oleh kebanyakan kita kaum emak walaupun tak jarang pula para lelaki dan anak anak mengalaminya yaitu sakit kepala nyut nyut nyuuuuuut.


Hampir setiap kita pernah mengalami sakit kepala baik itu disebabkan karena sinus atau jaringan lunak di tengkorak,mata tidung dan jaringan syaraf lainnya.Duh nyeri banget mana ga' kliatan orang lagi yach jadi dokterpun terkadang susah mengidentifikasikannya jadilah nyeri kepala tu dibagi dua antara yang berat dan yang ringan.Ya tergantung dari kepribadian kita menahan serta faktor psikologis.Ada yang cukup ditolong dengan obat-obat warungan/Apotik tanpa resep dokter seperti paramex,parasetamol,antalgin dll.Tetapi sebagian lagi disebabkan oleh penyebab yang dapat mengancam kehidupan kita alias gawat banget sehingga perlu perawatan medis secara khusus.


Nyeri kepala biasanya nich suka banget nempatin daerah pelipis yaitu sejajar dengan mata dan telinga. Penyebabnya bisa jadi karena perangsangan terhadap organ-organ di daerah kepala dan leher yang peka terhadap nyeri. Kuantitas dan kualitas rasa nyeri sangat bervariasi pada setiap kita. Sakit kepala berat yang sampai kita tu kebangun dari tidur atau menjadikan kita tidak bisa tidur, sangat mungkin disebabkan oleh gangguan dalam.Sedangkan Nyeri kepala yang menjadikan kita tu drop banget dah dech sama sekali ga' bisa ngapa-ngapain sampai untuk marahpun enggan apalagi senyum,biasanya nich yang itu penyebabnya disamping gangguan dalam (mata, hidung, telinga, gigi,tumor) juga diperberat oleh faktor pskogogis atau apapun yang didramatisir oleh otak.Pekerjaan monoton ga' ada selesainya,suami kurang bikin nyaman misalnya atau istri banyak ngeluh, anak-anak bertingkah menjengkelkan,kurang uang atau kebanyakan duit dan bla bla bla... pusiiiiiing!!!!! cemas dan banyak pikiran akhirnya sakit nyeri dech tu kepala satu-satunya.





Nah... sakit kepala tu para Sahabat......ternyata jumlahnya juga ga' cuma semacem jeh,ada yang namanya migren,trus ada lagi sakit kepala yang menekan poko'e ngunyek unyek banget apa tu namanya ... sakit kepala vertigo serta sakit kepala akibat stres.



1. Migren :Ini sakit kepala sebelah yang menekan dan berdenyut serta menepap pada satu sisi dibarengi rasa mual trus klo' dibawa membungkuk lebih terasa parah,pandangan berkunang kunang dan pada titik pandang seakan ada banyak bola-bola sebesar telur dan bintik warna warni terang benderang ditengahnya gelap ga' tau dech masing masing orang tapi rata-rata gejalanya sama dech.Setelah beberapa saat memudar tergantikan ma rasa nyeri hebat.Penderita sangat peka terhadap cahaya terang dan suara keras.Pokok'e nyeri berdenyut hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala tetapi kadang mengenai kedua sisi kepala.
Nyeri timbul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala-gejala visual (penglihatan), neurologis atau saluran pencernaan.
Migren bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi biasanya mulai timbul pada usia antara 10-30 tahun; kadang menghilang setelah usia 50 tahun.Migren ini lebih sering menyerang kita kaum emak karena berhubungan dengan siklus haid dan penggunaan kontrasepsi dengan permainan hormon seperti suntik dan pil KB.
Migren biasanya lebih hebat daripada sakit kepala akibat tekanan darah.Seringkali menjadikan kita menjadi tidak berdaya, terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotofobia) trus kaki dan tangan dingin dan tampak membiru..



Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya.
Sekitar 10-30 menit sebelum sakit kepala dimulai (suatu periode yang disebut aura atau prodroma), gejala-gejala depresi, mudah tersinggung, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan atau malah semangat makan terutama pengennya yang tajem bumbu seperti manis dan asin.
Penderita yang lainnya mengalami hilangnya penglihatan pada daerah tertentu (bintik buta atau skotoma) atau melihat cahaya yang berkelap-kelip.
Ada juga penderita yang mengalami perubahan gambaran, seperti sebuah benda tampak lebih kecil atau lebih besar dari sesungguhnya.
Beberapa lainnya merasakan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tungkainya.
Biasanya gejala-gejala tersebut menghilang sesaat sebelum sakit kepala dimulai, tetapi kadang timbul bersamaan dengan munculnya sakit kepala.
Migren bisa sering terjadi selama waktu yang panjang tetapi kemudian menghilang selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.
Untuk pemilihan obat migren yang tepat ada baiknya Sahabat harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.Karena penyakit migren ini berhubungan langsung dengan gaya hidup kita seperti kurang tidur,kebanyakan tidur maka perbaikan pola sangat membantu misalnya dengan rajin olah raga,relaksasi serta tidur dan bangun pada waktu yang teratur di tiap harinya.



Pengobatan dengan tanaman obat : Sesiung bawang putih tunggal dihaluskan atau digecek kemudian ditelan begitu aja bisa meredakan rasa sakit kepala sebelah.Bisa dengan bantuan pisang atau lainnya agar mudah masuk ke tubuh.



2.Sakit Kepala menekan :yaitu nyeri hebat pada seluruh bagian kepala yang disebabkan karena aliran darah ke otak kurang lancar atau peradangan pada rongga sinus.Sebaiknya tidak minum obat pereda nyeri 5-10 kali dalam sebulan karena akan memperparah frekwensi nyerinya saat tidak meminumnya.Biasanya timbul akibat dari keadaan batuk dan pilek serta menggerakkan kepala mendadak.



Pengobatan ala rumahan : Hirup uap panas,kompres panas pada dahi dan rendam kaki dengan air hangat.Banyak minum serta hindari makanan manis dan berminyak.

Kesimpulan untuk penanggulangan sakit kepala yaitu :

Rileks. Karena terbukti bahwa banyak sakit kepala timbul lantaran ketegangan yang berkaitan dengan tekanan kehidupan sehari-hari, beberapa dokter menyarankan penderita untuk berbaring selama 20 menit untuk mengatasinya. Cara ini mungkin sama ampuhnya dengan menenggak pil penghilang rasa nyeri.

Dokter juga merekomendasikan penggunaan teknik relaksasi formal dan informal. Di antara sekian banyak teknik relaksasi formal, meditasi dan yoga mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, hasil yang hampir sama baiknya mungkin bisa diperoleh melalui metode informal seperti latihan olahraga, membaca di waktu luang, melakukan kegiatan hobi yang menyenangkan, atau menikmati minuman tak beralkohol.


Ubahlah kebiasaan makan. Faktor nutrisi dipercaya ikut andil cukup besar terhadap terjadinya migren. The Harvard Medical School Health baru-baru ini mempublikasikan daftar “makanan penyebab migren” yang mesti dihindarkan jika muncul gangguan migren. Deretan makanan “jahat” itu adalah anggur merah, alkohol (penyebab migren paling umum), coklat, keju yang mengandung tyramine, sosis hasil prosesan seperti hot dog (bahan makanan ini mengandung nitrit), dan makanan-makanan yang ditaburi MSG (monosodium glutamat alias vetsin). Makanlah teratur jangan pagi ga' makan trus siangnya dendam makan banyak.

Batasi kafein. kurangi kafein secara berangsur-angsur dan ganti dengan teh herbal atau kopi yang dihilankan kafeinnya.
Hindari stres. Orang yang mengalami depresi, cemas, dan frustrasi lebih banyak yang gampang terserang sakit kepala ketimbang yang merasa senang, suka cita, dan secara umum menyukai kehidupannya. Daftar pertanyaan dasar di bawah ini, yang dikembangkan oleh seorang dokter terkemuka, diperlukan untuk menilai apakah sakit kepala yang Sahabat derita karena faktor emosi. Coba dech jawab dan simpan jawabannya sebagai bahan introspeksi okay...
Apakah saya bahagia?
Apakah saya menyukai diri saya sendiri?
Apakah saya baik hati dan pemaaf?
Apakah saya dapat diandalkan?
Apakah saya selalu melihat yang terbaik dalam setiap keadaan?
Jika kebanyakan jawabannya "tidak" whala... brati ketauan tuh penyebab sakit kepalanya karena faktor emosi.

Olahraga teratur coba dech.menambah aliran oksigen ke otak dan kemudian menyembuhkan sakit kepala paling bandel sekalipun. Sakit kepala bisa disebabkan letak leher tidak benar yang menyebabkan pegal. Cobalah kompres dahi dan leher bagian belakang Anda dengan kain hangat. Bisa juga kompreskan kain tersebut ke bagian kepala yang terasa sakit. Rasa hangat yang dihantarkan oleh kompres bisa membantu mengendurkan ketegangan.
Pemijatan syaraf. Pijat telapak tangan Anda, khususnya di bagian tengah jari telunjuk dan ibu jari. Pijat secara perlahan dan cobalah untuk relaks.
Banyak minum dan tidak sekaligus. Usahakan untuk menjaga kadar air dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih.
Beristirahatlah secukupnya.Aduh... budhe ingin sekali melanjutkan vertigo dan sakit kepala karena stres tapi kok malahan agak pening sendiri nich ntar malah kena sakit kepala lagi pokok'e vertigo tu yang krasanya murer muter entu lah Dah mo' istirahat dulu ah...

Sampai jumpa pada kesempatan belajar lainnya ya... untuk Ummu Bilqis maafkan budhe ya baru posting yang ini smoga dah sembuh sekarang.


Dari berbagai sumber.








24 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sering banget sakit kepala kl pas hamil gini sakit kepala sebelah kaya di tusuk2 ituuu tp kan ngga bs minum obat.
iya bener tipsnya budhe cucok tuh kudu banyak2 istirahat krn pusing kepala emang gara2 kurang istirahat dan tidur yaaa...kl engga perlu minum obat mending ngga usah dehhh

budhe mengatakan...

iya Mom Widie... klo' hamil tu banyak ini itunya yang dirasa tapi ya nikmatin aja.klo' ga parah banget sebaiknya mang hindari obat.okay... makasih yach... menjadi yang pertama hihi..

Anonim mengatakan...

wahhh... aku sering migren nih budhe... apalagi kalo lagi haid walah... sering banget

novita mengatakan...

Wah kemarin juga aku pusing2 budhe, aku paling minum bodrex trus istirahat deh.
makasih infonya ya budhe

Herdin O. T. mengatakan...

Budhe... sedikit mo meng-counter artikel Budhe.... kalo aku sakit kelapa.. eh.. kepala.. biasanya aku malah minum kopi agak kental supaya sakit kepala hilang....

Mungkin ada perbedaan setiap orang untuk mengalahkan rasa sakit...

Bisa aja kan dengan minum obat antalgin... kalo ga sembuh juga di pentokgin.. hehehehe....

Riema Ziezie mengatakan...

wah tips budhe selalu bermanfaat...tp alhamdulillah zie jarang pusing kecuali kalau laper budhe hehehe

Bunda Radith mengatakan...

Duh... budhe, dikau emg sumber ilmu.
kl bunda skrg sakit kepalanya plg jg krn byk tagihan2 yg hrs diselesaikan. hi hi hi

Bunda Radith mengatakan...

Duh... budhe, dikau emg sumber ilmu.
kl bunda skrg sakit kepalanya plg jg krn byk tagihan2 yg hrs diselesaikan. hi hi hi

Anggorowati mengatakan...

Makasih tulisannya budhe... bermanfaat bgt nih...

saya sdri klo pusing paling obatnya makan yg banyak trus minum susu/teh panas abis itu tibur nyenyak... dijamin deh bangunnya dah seger lg...

ini mah sakit kepala karena kelaperan kali yah? hahaha.....

Vivi Renissa mengatakan...

Aku sakit kepala biasanya klo telat makan. Makasih buat infonya ya Budhe, ntar klo sakit kepala datang, kucoba obati dengan bawang putih.

Asih Najib Evan mengatakan...

alhamdulillah Budhe aku sdh sehat..dan gak mau sakit lagi..harus smangat gitukan motivasi diri. makasih ya budhe sayang..utk tips2nya...

budhe mengatakan...

Makasih untuk sambutan hangat atas artikel ini...
*untuk Papa Nasywa.. klo' sakit kepalanya bukan migren minum kopi mang biasanya jadi sembuh dan seger lagi asal kondisi tensi normal.
*Mama Kayla hentikan minum obat sembarangan ya...kant lagi hamil.
*Bunda Radith... hahaha problem umum..sama aja ma budhe hihi.
*Mba'Zie,Mba' Anggorowati dan Mba' Whita... jangan telat makan yach...syukur dah nemu solusi ndiri.hehe...
*Ummu Bilqis..Alhamdulillah..budhe senang dah sembuh kembali smoga tak terulang yach..

Anonim mengatakan...

saya malah pusingnya klo lagi nggak punya duit,...he he heee

budhe mengatakan...

*Brigadista... sama dech ke' budhe klo' ga' punya duit pasti pusing peniiiiing!! hehe..

tyasjetra mengatakan...

pusing yg nyut2an kayak gitu emang nyebelin banget..
dibuat tidur juga malah nambah pusingnya..
kemarin ngalamin kayak gitu malah cuma disuruh dokter minum neurobion.. eh, langsung sembuh..
berarti aku sarap.. eh, syarafku tegang.. hehe..

Yannie mengatakan...

Wah artikel bagus Budhe....Pada akhirnya semua penyakit memang berawal dari stress...ya lebih baik kalo kita menjalani hidup apa adanya tapi tetap optimis, semangat dan menyerahkan takdir padaNya...

-- mengatakan...

Nice post.
Budhe... tipsnya berguna banget.
Saya sering mengalaminya, apalagi kebiasaan dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskn saya berhadapan dengan komputer hampir 1x24 jam..
Belum lagi kalau pas lagi mikir yang berat2.
SALAM SUKSES BUDHE...

EvieJPu mengatakan...

tipsnya sangat bermanfaat Budhe..
klo anakku yg pertama,kadang juga suka ngeluh pusing..apa migren juga nyerang anak2?

Klo aku pusingnya pas tgl tua Budhe..hehehe

Riri mengatakan...

bunda sekarng juga lagi migren..pusing..mabok..campur duk budhee

budhe mengatakan...

Makasih ya untuk semua Sahabat yang dah kasih komentar... beneran menjadi penyemangat untuk budhe.

CEMOLEX mengatakan...

Aduh budhe jgn sampe dech sakit kepala, bisa2 ngelihat sesuatu yang baik jadi buruk , lihat orang baik jadi jahat, wah malah banyak prasangka buruknya dech... tambah dosa donk..

infogue mengatakan...

Artikel anda:

http://penyakit.infogue.com/
http://penyakit.infogue.com/_sakit_kepala_nyut_nyutan_

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Ummu khalid mengatakan...

aku sakit kepala kalo saking kepanasan, obatnya ya istirahat sama makan yang banyak ajah kenyang deh :)
Tips budhe memang ciamik

Anonim mengatakan...

aku sih jarang2 sakit kepala .. tp tips oke tuh .. banyak istirahat dan kurangin obat2an yaa ..

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...