Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Kamis, 28 Agustus 2008

"Menu sehat saat berpuasa"

Pada saat puasa,sebaiknya kebutuhan akan gizi seimbang mesti diatur dan dilengkapi baik yang berasal dari karbohidrat,protein,lemak maupun kalsium.Untuk kita orang Indonesia karbohidrat diperoleh dari nasi (wajib itu hehe..)walaupun di Qatar sini mang makanan pokoknya roti gandum dan pasta.Sedangkan protein serta lemak didapat dari lauk pauknya trus kalsium, mineral juga vitamin lainnya bisa berasal dari buah dan sayuran hijau soale saya ga' suka susu je tau deh...
Tentu saja dalam memasaknya juga jangan sampai berlebihan bahkan klo bisa malah lebih sedikit ya karena kant makannya dua kali dhoank kecuali mang kita pas lagi niatan mo' kasih bukaan ma sahuran untuk para saudara kita yang lain.Makan dan minum pada waktu buka dan sahur juga sebaiknya secukupnya ajah klo' sampai mlentet eh maaf dikuatirkan malah ga' bisa aktifitas seperti biasa.Seperti yang kita ketahui bahwa minuman yang kita minum itu hanya lewat di kerongkongan sehingga sebanyak apapun kita minum sebentar pasti haus lagi.Begitu tentang makan,sebanyak apapun makanan yang masuk ke perut...setiap kira-kira empat jam pasti kita merasa lapar.Jadi beneran jangan berlebihan dan pastikan sesuai porsi masing-masing kita ajah.Walaupun tetap sering minum di malam hari untuk menghindari dehidrasi.Setuju kant....akuuur...Ya itu inti dari kita berpuasa kant menahan diri dari lapar dan haus serta berhubungan suami istri serta hal hal yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga
terbenamnya matahari.
Berbukalah dengan yang manis...heh jadi teringat ma iklan teh yang entu aja yach.. eh tapi mang bener banget deh setelah seharian berpuasa,biasanya kondisi kita kant cukup lemah dan setelah mengkonsumsi makanan yang manis seperti kurma misalnya atau yang lainnya juga minum segeran yang entu tuh sluruuuppp...jadi pengen deh..pokoknya yang manis asal sekali lagi tidak berlebihan ..bakal menjadikan tubuh kita mendapat energi baru.Setelah beberapa sat barulah bersantap makanan utama.
Bersahurlah bersama lauk yang memiliki kandungan lemak maksudnya supaya tubuh punya simpanan cukup energi selama perpuasa.Dan hidangkan makanan dalam kondisi hangat biar tetap berselera serta kualitas makanan terjaga.Pilih makanan yang tidak mengganggu pencernaan misalnya yang tak terlalu pedas (wah ini paling dilanggar nich secara saya tu suka banget makanan pedas je..) juga makanan yang tak terlalu asam.
Akhirnya selamat menjalankan ibadah puasa ya...mudah-mudahan aja kita bisa menyelesaikannya dengan lebih sempurna serta mendapatkan ampunan Allah Ta'alla dan berkah Ramadhan.amiiiin.Maaf nich klo' ada salah-salah kata eh ketik maksudnya.Allahumma bariklana fi sya'ban wa balighna ramadhan 1429 H.

4 komentar:

Bunda Rierie mengatakan...

wah... kadang2 bunda kalo buka bawaannya pengen hantam semuanya. tapi pas udah minum teh manis..eh lapernya hilang..aneh yach?

budhe Fakhrun mengatakan...

Masa sih Bun... lega sementara kant kerongkongan basah Alhamdulillah..abis itu harus tetep laper dhonk...

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Btul budhe.. selama puasa harus makan makanan bergizi.. kalo enggak.. wah.. bisa2 malah sakit ya.. Good posting Budhe..

ENDRIYANI mengatakan...

Betul nich Budhe...Budhe pinter bener nich!!! Ntar puasa besok saya ikutin dech nasihat Budhe...hehehe

Makasih nich Budhe postingannya...jadi ngingetin saya buat cari menu buka puasa ntar...

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...