Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Senin, 25 Agustus 2008

"Melatih Anak Berpuasa"

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah hampir tiba, kita bersiap-siap menyambutnya.Sebagaimana sholat serta ibadah lain yang mesti diperkenalkan dan diterapkan kebiasaannya terhadap si kecil,sekarang juga merupakan saat yang tepat untuk melatih puasa sang buah hati kita sejak dini.
Banyak diantara kita yang mengatakan "Ya gimana ya.. mereka kant masih kecil.. masa harus menahan haus dan lapar..kasihan banget dhonk..kita yang dewasa aja kerasa lagian mereka belum diwajibkan berpuasa kant...."
Melatih anak berpuasa memang akan terasa sulit dilakukan namun jika kita konsisten,perlahan dan berkesinambungan tanpa adanya pemaksaan sejak dini,insya Allah akan tertanam kuat dalam diri mereka setelah kelak sudah terkena beban syari'at.
Bagi anak usia 5 - 7 tahun, latihlah untuk tidak makan dan minum setiap dua atau tiga jam sesuai kemampuan mereka.Jika sudah tidak tahan lagi menahan lapar,ijinkan mereka berbuka dan tambah waktu berpuasa hari selanjutnya sampai terbiasa hingga waktu azhan Dhuhur tiba.Bila sudah terbiasa dan mereka tak merasa terbebani tambahkan hingga waktu Ashar tiba.Terus dilanjutkan hingga puasa penuh sampai matahari terbenam.
Seringnya anak memang sangat susah kalau dibangunkan untuk makan sahur dan ini juga memerlukan persiapan.Pada awal masuk bulan Ramadhan, anak begitu bersemangat,tanpa dibangunkanpun saat mendengar suara dari luar rumah "Sahuuuuuur..... sahuuuuur!!! mereka bergegas karena ingin turut serta menyambut Ramadhan.Namun biasanya tidak untuk hari-hari selanjutnya.
Cobalah kita lakukan hal-hal berikut ini untuk membangunkan anak-anak agar bersemangat makan sahur dan menyelesaikannya dengan gembira.
# Pijatan lembut dan olah raga ringan
Tubuh anak masih lemas karena aliran darahnya belum tersalurkan keseluruh bagian tubuh setelah mereka tidur lama sehingga anak susah dibangunkan.Nah pancing anak dengan pijatan lembut dan gerakan-gerakan ringan kemudian ajak anak supaya duduk sesaat beri minuman hangat,barulah tuntun anak menuju tempat cuci muka dan tangan.
# Keluar rumah sebentar
jika anak masih lemas dan enggan bangun,cobalan tuntun anak berjalan jalan di serambi.Dinginnya udara pagi akan membantu melancarkan peredaran darah sambil memandang indahnya bintang-bintang di langit.
# Memilih menu sahur sesuai kesukaan anak secara variatif
Jangan memaksakan diri dengan menyediakan masakan baru yang dimasak saat itu tapi menyiapkan makanan sejak sore dan tinggal menghangatkan merupakan pilihan bijak dan tidak bikin cape'.
Hidangkan menu sahur dalam keadaan hangat sehingga aromanya menggugah selera.Tiap anak memiliki kesukaan berbeda dan hidangkan yang istimewa bagi anak yang jarang didapatkannya diluar bulan Ramadhan.
Janganlah kita sekali-kali memaksa anak untuk berpuasa ataupun melakukan ibadah lainnya jika mereka enggan ataupun karena terpaksa melakukannya.Namun biarkan anak menikmati indahnya suasana Ramadhan seperti sholat tarawih berjama'ah di masjid,mengikuti kegiatan TPA,dan sekali-kali ajak teman-teman sebayanya untuk berbuka bersama dirumah.
Untuk mengisi hari-hari anak berpuasa,dapatlah kita memberi permainan menyenangkan sehingga perhatian ke rasa lapar teralihkan.Misalnya membuat kerajinan tangan dari biji-bijian,daun,manik-manik dan lainnya.Atau juga memberikan sesuatu yang bisa digunting,dirobek dilem sehingga menghasilkan hal menarik.Pilihan lainnya yaitu mengajak anak berkebun atau mengajak mereka memberikan shodakoh ke rumah keluarga kurang beruntung dan biarkan mereka yang memberinya.
Berilah perhatian lebih saat sore hari dimana anak akan merasa sangat jenuh dan lapar ya dukung dan dekati anak dengan kelembutan serta kasih sayang kita jangan malah terlalu sibuk memasak persiapan berbuka sehingga anak merasa terlantar.
Terakhir berilah anak reward,baik berupa hadiah khusus ataupun sekedar pujian untuk usaha mereka.Dan tanamkan pemahaman bahwa hadiah(pahala)dari Allah Ta'alla jauh dan jauh lebih baik dari yang kita berikan.Supaya mereka melakukannya karena Allah semata dan bukan karena mengharap pahala dari kita.
Selamat menyambut bulan penuh berkah ini dengan gembira dan melibatkan putra-putri kita untuk menyiapkan generasi muslim yang tangguh berkualitas dan diridzoi Allah swt.Amiiin

7 komentar:

Riri mengatakan...

Wah..bunda juga mau ajarin laras puasa tahun ini... tapi kalau nggak kuat ya 1/2 hari aja..boleh yach?...

tyasjetra mengatakan...

jadi inget waktu kecil diajarin puasa.. tapi suka bandel nyolong2 ngemil.. hehe..
skg blom ada yg harus diajarin nih..

Mama Shahira dan Syafiq mengatakan...

betul budhe.. emang sejak dini mesti di ajarin berpuasa.. karena kl dah gede malah nanti susah ngajarinnya.. Makasih budhe postingannya.. postingan budhe sellau bermanfaat..

Mama Shahira dan Syafiq mengatakan...

betul budhe.. emang sejak dini mesti di ajarin berpuasa.. karena kl dah gede malah nanti susah ngajarinnya.. Makasih budhe postingannya.. postingan budhe sellau bermanfaat..

ENDRIYANI mengatakan...

Bagus nich!!! emang klo mengajarkan anak puasa harus dari kecil ya...jadi nanti terbiasa ya...

Makasih nich dah sharing ya...Dan mohon maaf ahir bathin juga ya...

Anonim mengatakan...

aku malah masih bingung ngasih tau farrell apa itu puasa...soalnya pas aku puasa untuk bayar utang, dia selalu tanya tapi belom menemukan jawaban nehhh...hehehe..bantuin doang bilanginnya gimana yahhh

budhe mengatakan...

iya nich smoga sukses ya Moms mendampingi putra putri kita berlatih puasa yang penting jangan dipaksa dan terus dipantau kesehatannya.Smoga Allah memberi kemudahan serta kelancaran dalan menunaikan ibadah ini.amiiin.

Mba'Tyas smoga cepat dikaruniai momongan ya...yg cantik mirip Mommy nya atau mesti ganteng kaya' Dadnya yg jelas smoga sholih dan Mba'Tyas menikmati baktinya kelak.amiiin..

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...