Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Jumat, 26 Juni 2009

"Mertua dan Menantu"

Sekedar berbagi cerita berantai dan bagi sahabat yang kebetulan sudah pernah membacanya,silahkan meluangkan waktu kembali untuk menyimak dan smoga kita bisa mengambil ibrahnya agar berfikir sebelum bertindak supaya terhindar dari penyesalan seumur hidup.

Kisah nyata yang luar biasa menyentuh yaitu sebuah salah pengertian yg mengakibatkan kehancuran sebuah rumah tangga.Tatkala nilai akhir sebuah kehidupan sudah terbuka tetapi segalanya telah terlambat,smua karena ego masing masing yang membebalkan untuk mencari penyelesaian bijak.Baiklah... supaya ga' makin penasaran,kita simak ceritanya yuuuk.....


Sejak kecil suami saya telah kehilangan ayahnya, dia adalah satu-satunya harapan nenek, nenek pula yg membesarkannya dan menyekolahkan dia hingga tamat kuliah.Saya terus mengangguk tanda setuju ketika suami berencana memboyong nenek ke rumah kami, dan pula segera menyiapkan sebuah kamar yang menghadap taman untuk nenek, agar dia dapat berjemur,menanam bunga dan sebagainya. Suami berdiri didepan kamar yg sangat kaya dengan sinar matahari,tidak sepatah katapun yg terucap tiba-tiba saja dia mengangkat saya dan memutar-mutar saya seperti adegan dalam film Indiadan berkata "Mari,kita jemput nenek di kampung".

Suami berbadan tinggi besar, aku suka sekali menyandarkan kepalaku ke dadanya yg bidang, ada suatu perasaan nyaman dan aman disana. Aku seperti sebuah boneka kecil yang kapan saja bisa diangkat dan dimasukan kedalam kantongnya. Kalau terjadi selisih paham diantara kami, dia suka tiba-tiba mengangkatku tinggi-tinggi diatas kepalanya dan diputar-putar sampai aku berteriak ketakutan baru diturunkan.Aku sungguh menikmati saat-saat seperti itu.

Kebiasaan nenek di kampung tidak berubah. Aku suka sekali menghias rumah dengan bunga segar, sampai akhirnya nenek tidak tahan lagidan berkata kepada suami "Istri kamu hidup foya-foya, buat apa beli bunga? Kan bunga tidak bisa dimakan?" Aku menjelaskannya kepada nenek "Ibu, rumah dengan bunga segar membuat rumah terasa lebih nyaman dan suasana hati lebih gembira."Nenek berlalu sambil mendumel, suamiku
berkata sambil tertawa "Ibu, ini kebiasaan orang kota, lambat laun ibu akan
terbiasa juga."Nenek tidak protes lagi, tetapi setiap kali melihatku pulang sambil membawa bunga,dia tidak bisa menahan diri untuk bertanyaberapa harga bunga itu, setiap mendengar jawabanku dia selalu mencibir sambil menggeleng-gelengkan kepala. Setiap membawa pulang barang belanjaan,beliau selalu tanya itu berapa harganya ,ini berapa.Setiap aku jawab, nenek selalu berdecak dengan suara keras.Suamiku memencet hidungku sambil berkata"Putriku, kan kamu bisa berbohong.Jangan katakan harga yangsebenarnya." Lambat laun, keharmonisan dalam rumah tanggaku mulai terusik.

Nenek sangat tidak bisa menerima melihat suamiku bangun pagi menyiapkan sarapan pagi untuk dia sendiri, di mata nenek seorang anak laki-laki masuk ke dapur adalah hal yang sangat memalukan. Di meja makan, wajah nenek selalu cemberut dan aku sengaja seperti tidak mengetahuinya. Nenek selalu membuat bunyi-bunyian dengan alat makan seperti sumpit dan sendok, itulah cara beliau protes.

Saya adalah instrukstur tari, seharian terus menari membuat badanku sangat letih, saya tidak ingin membuang waktu istirahatku dengan bangun pagi apalagi disaat musim dingin. Nenek kadang juga suka membantuku di dapur, tetapi makin dibantu aku menjadi semakin repot,misalnya; beliau suka menyimpan semua kantong-kantong bekas belanjaan,dikumpulkan bisa untuk dijual katanya.Jadilah rumahku seperti tempat pemulungan kantong plastik, dimana-mana terlihat kantong plastik besar tempat semua kumpulan kantong plastik.

Kebiasaan nenek mencuci piring bekas makan tidak menggunakan cairan pencuci, agar supaya dia tidak tersinggung, aku selalu mencucinya sekali lagi pada saat beliau sudah tidur.Suatu hari, nenek mendapati saya sedang mencuci piring malam harinya, nenek segera masuk ke kamar sambil membanting pintu dan menangis.Suamiku jadi serba salah, malam itu kami tidur seperti orang bisu, aku coba bermanja-manja dengan dia, tetapi dia tidak perduli. Aku menjadi kecewa dan marah."Apa salahku?" Dia melotot sambil berkata:"Kenapa tidak kamu biarkan saja? Apakah memakan dengan pring itu bisa membuatmu mati?"

Saya dan nenek tidak bertegur sapa untuk waktu yg cukuplama, suasana mejadi kaku. Suamiku menjadi sangat kikuk, tidak tahu haru berpihak pada siapa? Nenek tidak lagi membiarkan suamiku masuk ke dapur, setiap pagi dia selalu bangun lebih pagi dan menyiapkan sarapan untuknya, suatu kebahagiaan terpancar di wajahnya jika melihat suamiku makan dengan lahap, dengan sinar mata yang seakan mencemohku sewaktu melihat padaku, seakan berkata dimana tanggung jawabmu sebagai seorang istri?Demi menjaga suasana pagi hari tidak terganggu, aku selalu membeli makanan diluar pada saat berangkat kerja. Saat tidur, suami berkata:"Lu di, apakah kamu merasa masakan ibu tidak enak dan tidak bersih sehingga kamu tidak pernah makan di rumah?"sambilmemunggungiku dia berkata tanpa menghiraukan air mata yg mengalir di kedua belah pipiku.Dan dia akhirnya berkata:"Anggaplah ini sebuah permintaanku,makanlah bersama kami setiap pagi."Aku mengiyakannya dan kembali kemeja makan yg serba canggung itu.

Pagi itu nenek memasak bubur, kami sedang makan dan tiba-tiba ada suatu perasaan yg sangat mual menimpaku, seakan-akan isi perut mau keluar semua.Saya menahannya sambil berlari ke kamar mandi, sampai disana aku segera mengeluarkan semua isi perut. Setelah agak reda, aku melihat suamiku berdiri didepan pintu kamar mandi dan memandangku dengan sinar mata yg tajam, diluar sana terdengar suara tangisan nenek dan berkata-kata dengan bahasa daerahnya. Aku terdiam dan terbengong tanpa bisa berkata-kata. Sungguh bukan sengaja aku berbua demikian!.

Pertama kali dalam perkawinanku, aku bertengkar hebat dengan suamiku, nenek melihat kami dengan mata merah dan berjalan menjauh……suamiku segera mengejarnya keluar rumah.

Selama 3 hari suamiku tidak pulang ke rumah dan tidak juga meneleponku. Aku sangat kecewa, semenjak kedatangan nenek di rumah ini,aku sudah banyak mengalah, mau bagaimana lagi? Entah kenapa aku selalu merasa mual dan kehilangan nafsu makan ditambah lagi dengan keadaanrumahku yang kacau, sungguh sangat menyebalkan. Akhirnya teman sekerjaku berkata:"Lu Di, sebaiknya kamu periksa ke dokter."Hasil pemeriksaan menyatakan aku sedang hamil.. Aku baru sadar mengapa aku mual-mual pagiitu. Sebuah berita gembira yg terselip juga kesedihan. Mengapa suami dan nenek sebagai orang yang berpengalaman tidak berpikir sampai sejauh itu?

Di pintu masuk rumah sakit aku melihat suamiku, 3 hari tidak bertemu dia berubah drastis, muka kusut kurang tidur, aku ingin segera berlalu tetapi rasa iba membuatku tertegun dan memanggilnya. Dia melihat ke arahku tetapi seakan akan tidak mengenaliku lagi, pandangan matanya penuh dengan kebencian dan itu melukaiku. Aku berkata pada diriku sendiri, jangan lagi melihatnya dan segera memanggil taksi.Padahal aku ingin memberitahunya bahwa kami akan segera memiliki seorang anak. Dan berharap aku akan diangkatnya tinggi-tinggi dan diputar-putar sampai aku minta ampun tetapi..... mimpiku tidak menjadi kenyataan.

Didalam taksi......span class="fullpost">
<air mataku mengalir dengan deras. Mengapa kesalah pahaman ini berakibat sangat buruk?Sampai di rumah saya berbaring di ranjang memikirkan peristiwa tadi, memikirkan sinar matanya yang penuh dengan kebencian, saya menangis dengan sedihnya. Tengah malam,aku mendengar suara orang membukalaci, aku menyalakan lampu dan melihat dia dengan wajah berlinang air mata sedang mengambil uang dan buku tabungannya. Aku nenatapnya dengan dingin tanpa berkata-kata. Dia seperti tidak melihatku saja dan segera berlalu. Sepertinya dia sudah memutuskan untuk meninggalkanku.Sungguh lelaki yang sangat picik, dalam saat begini dia masih bisa membedakan antara cinta dengan uang. Aku tersenyum sambil menitikan air mata.

Aku tidak masuk kerja keesokan harinya, aku ingin secepatnya membereskan masalah ini, aku akan membicarakan semua masalah ini dan pergi mencarinya di kantornya.Di kantornya aku bertemu dengan seketarisnya yang melihatku dengan wajah bingung."Ibunya pak direktur baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas dan sedang berada di rumah sakit.Mulutku terbuka lebar.Aku segera menuju rumah sakit dan saat menemukannya,nenek sudah meninggal. Suamiku tidak pernah menatapku, wajahnya kaku.Aku memandang jasad nenek yg terbujur kaku. Sambil menangis aku menjerit dalam hati:"Tuhan, mengapa ini bisa terjadi?"Sampai selesai upacara pemakaman, suamiku tidak pernah bertegur sapa denganku,jika memandangku selalu dengan pandangan penuh dengan kebencian.

Peristiwa kecelakaan itu aku juga tahu dari orang lain,pagi itu nenek berjalan ke arah terminal, rupanya dia mau kembali ke kampung. Suamiku mengejar sambil berlari, nenek juga berlari makin cepat sampai tidak melihat sebuah bus yg datang ke arahnya dengan kencang. Aku baru mengerti mengapa pandangan suamiku penuh dengan kebencian.Jika aku tidak muntah pagi itu, jika kami tidak bertengkar, jika........ ....dimatanya, akulah penyebab kematian nenek.

Suamiku pindah ke kamar nenek, setiap malam pulang kerja dengan badan penuh dengan bau asap rokok . Aku merasa bersalah tetapi juga merasa harga diriku terinjak-injak. Aku ingin menjelaskan bahwa semua ini bukan salahku dan juga memberitahunya bahwa kami akan segera mempunyai anak. Tetapi melihat sinar matanya, aku tidak pernah menjelaskan masalah ini. Aku rela dipukul atau dimaki-maki olehnya walaupun ini bukan salahku. Waktu berlalu dengan sangat lambat.Kami hidup serumah tetapi seperti tidak mengenal satu sama lain.Dia pulang makin larut malam. Suasana tegang didalam rumah.

Suatu hari, aku berjalan melewati sebuah café, melalui keremangan lampu dan kisi-kisi jendela, aku melihat suamiku dengan seorang wanita didalam. Dia sedang menyibak rambut sang gadis dengan mesra. Aku tertegun dan mengerti apa yg telah terjadi. Saya masuk kedalam dan berdiri di depan mereka sambil menatap tajam kearahnya. Saya tidak
menangis juga tidak berkata apapun karena aku juga tidak tahu harus berkata apa. Sang gadis melihatku dan ke arah suamiku dan segera hendak berlalu. Tetapi dicegah oleh suamiku dan menatap kembali ke arahku dengan sinar mata yg tidak kalah tajam dariku. Suara detak jangtungku terasa sangat keras, setiap detak suara seperti suara menuju kematian. Akhirnya aku mengalah dan berlalu dari hadapan mereka, jika tidak.. mungkin aku akan jatuh bersama bayiku dihadapan mereka.

Malam itu dia tidak pulang ke rumah. Seakan menjelaskan padaku apa yang telah terjadi. Sepeninggal nenek, rajutan cinta kasih kami juga sepertinya telah berakhir. Dia tidak kembali lagi ke rumah,kadang sewaktu pulang ke rumah, aku mendapati lemari seperti bekas dibongkar. Aku tahu dia kembali mengambil barang-barang keperluannya.Aku tidak ingin menelepon dia walaupun kadang terbersit suatu keinginan untuk menjelaskan semua ini. Tetapi itu tidak terjadi..... ....,semua berlalu begitu saja.

Aku mulai hidup seorang diri, pergi check kandungan seorang diri. Setiap kali melihat sepasang suami istri sedang check kandungan bersama, hati ini serasa hancur. Teman-teman menyarankan agar aku membuang saja bayi ini, tetapi aku seperti orang yang sedang histeris mempertahankan miliknya. Hitung-hitung sebagai pembuktian kepada nenek bahwa aku tidak bersalah.

Suatu hari pulang kerja,saya melihat dia duduk didepan ruang tamu. Ruangan penuh dengan asap rokok dan ada selembar kertas diatas meja, tidak perlu tanya saya juga tahu surat apa itu.2 bulan hidup sendiri, sudah bisa mengontrol emosi. Sambil membuka mantel dan topi saya berkata kepadanya:" Tunggu sebentar, saya akan segera menanda tanganinya".Dia melihatku dengan pandangan awut-awutan demikian juga aku.Aku berkata pada diri sendiri, jangan menangis, jangan menangis. Mataini terasa sakit sekali tetapi aku terus bertahan agar air mata ini tidak keluar.

Selesai membuka mantel, aku berjalan ke arahnya dan ternyata dia memperhatikan perutku yg agak membuncit. Sambil duduk di kursi, aku menanda tangani surat itu dan menyodorkan kepadanya."" Lu Di, kamu hamil?"" Semenjak nenek meninggal, itulah pertama kali dia berbicara kepadaku. Aku tidak bisa lagi membendung air mataku yang menglir keluar dengan derasnya. Aku menjawab"Iya, tetapi tidak apa-apa. Kamu sudah boleh pergi"".Dia tidak pergi, dalam keremangan ruangan kami saling berpandangan. Perlahan-lahan dia membungkukan badannya ke tanganku, air matanya terasa menembus lengan bajuku.Tetapi di lubuk hatiku, semua sudah berlalu, banyak hal yg sudah pergi dan tidak bisa diambil kembali."Entah sudah berapa kali aku mendengar dia mengucapkan kata"Maafkan aku, maafkan aku". Aku pernah berpikir untuk memaafkannya tetapi tidak bisa. Tatapan matanya di cafe itu tidak akan pernah aku lupakan.Cinta diantara kami telah ada sebuah luka yg menganga. Semua ini adalah sebuah akibat kesengajaan darinya.

Berharap dinding es itu akan mencair, tetapi yang telah berlalu tidak akan pernah kembali.Hanya sewaktu memikirkan bayiku, aku bisa bertahan untuk terus hidup. Terhadapnya, hatiku dingin bagaikan es,tidak pernah menyentuh semua makanan pembelian dia, tidak menerima semua hadiah pemberiannya tidak juga berbicara lagi dengannya. Sejak menanda tangani surat itu, semua cintaku padanya sudah berlalu, harapanku telah lenyap tidak berbekas.Kadang dia mencoba masuk ke kamar untuk tidur bersamaku,aku segera berlalu ke ruang tamu, dia terpaksa kembali ke kamar nenek.Malam hari,terdengar suara orang mengerang dari kamar nenek tetapi saya tidak perduli. Itu adalah permainan dia dari dulu. Jika saya tidak perduli padanya, dia akan berpura-pura sakit sampai aku menghampirinya dan bertanya apa yang sakit. Dia lalu akan memelukku sambil tertawa terbahak-bahak. Dia lupa........ , itu adalah dulu, saat cintaku masih membara, sekarang apa lagi yg aku miliki?

Begitu seterusnya, setiap malam aku mendengar suara orang orang mengerang sampai anakku lahir. Hampir setiap hari dia selalu membeli barang-barang perlengkapan bayi, perlengkapan anak-anak dan buku-buku bacaan untuk anak-anak. Setumpuk demi setumpuk sampai kamarnya penuh sesak dengan barang-barang. Aku tahu dia mencoba menarik simpatiku tetapi saya tidak bergeming. Terpaksa dia mengurung diri dalam kamar, malam hari dari kamarnya selalu terdengar suara pencetan keyboard komputer.Mungkin dia lagi tergila-gila chatting dan berpacaran di dunia maya pikirku. Bagiku itu bukan lagi suatu masalah.

Suatu malam di musim semi, perutku tiba-tiba terasa sangat sakit dan aku berteriak dengan suara yg keras. Dia segera berlari masuk ke kamar, sepertinya dia tidak pernah tidur. Saat inilah yang ditunggu-tunggu olehnya. Saya digendongnya dan berlari mencari taksi ke rumah sakit. Sepanjang jalan, dia mengenggam dengan erat tanganku,menghapus keringat dingin yg mengalir di dahiku. Sampai di rumah sakit, saya segera digendongnya menuju ruang bersalin. Di punggungnya yg kuruskering, aku terbaring dengan hangat dalam dekapannya. Sepanjang hidupku, siapa lagi yang mencintaiku sedemikian rupa jika bukan dia?

Sampai dipintu ruang bersalin, dia memandangku dengan tatapan penuh kasih sayang saat aku didorong menuju persalinan, sambil menahan sakit aku masih sempat tersenyum padanya. Keluar dari ruang bersalin, dia memandang aku dan anakku dengan wajah penuh dengan air mata sambil tersenyum bahagia. Aku memegang tangannya, dia membalas memandangku dengan bahagia, tersenyum dan menangis lalu terjerambab ke lantai. Aku berteriak histeris memanggil namanya.Setelah sadar, dia tersenyum tetapi tidak 0 bisa z membuka matanya………saya pernah berpikir tidak akan lagi meneteskan sebutir air matapun untuknya, tetapi kenyataannya tidak demikian, aku tidak pernah merasakan sesakit saat ini. Kata dokter, kanker hatinya sudah sampai pada stadium mematikan, bisa bertahan sampai hari ini sudah merupakan sebuah mukjijat. Saya tanya kapankah kanker itu terdeteksi? 5 bulan yang lalu kata dokter, bersiap-siaplah menghadapi kemungkinan terburuk.Saya tidak lagi perduli dengan nasehat perawat dan segera pulang ke rumah lalu ke kamar nenek menyalakan komputer.

Ternyata selama ini suara orang mengerang adalah benar apa adanya, saya masih berpikir dia sedang bersandiwara…………Sebuah surat yang sangat panjang ada di dalam komputer yg ditujukan kepada anak kami."Anakku, demi dirimu aku terus bertahan, sampai aku bisa melihatmu. Itu adalah harapanku. Aku tahu dalam hidup ini, kita akan menghadapi semua bentuk kebahagiaan dan kekecewaan, sungguh bahagia jika aku bisa melaluinya bersamamu tetapi ayah tidak mempunyai kesempatan untuk itu. Di dalam komputer ini, ayah mencoba memberikan saran dan nasehat terhadap segala kemungkinan hidup yang akan kamu hadapi. Kamu boleh mempertimbangkan saran ayah."Anakku, selesai menulis surat ini, ayah merasa telah menemanimu hidup selama bertahun -tahun. Ayah sungguh bahagia. Cintailah ibumu, dia sungguh menderita, dia adalah orang yg paling mencintaimu dan dia adalah orang yg paling ayah cintai"".

Mulai dari kejadian yg mungkin akan terjadi sejak TK, SD,SMP, SMA sampai kuliah, semua tertulis dengan lengkap didalamnya suamiku juga menulis sebuah surat untukku.""Kasihku, dapat menikahimu adalah hal yg paling bahagia aku rasakan dalam hidup ini. Maafkan salahku, maafkan aku tidak pernah memberitahumu tentang penyakitku. Aku tidak mau kesehatan bayi kita terganggu oleh karenanya. Kasihku, jika engkau menangis sewaktu membaca surat ini, berarti kau telah memaafkan aku.Terima kasih atas cintamu padaku selama ini. Hadiah-hadiah ini aku tidak punya kesempatan untuk memberikannya pada anak kita. Pada bungkusan hadiah
tertulis semua tahun pemberian padanya".

Kembali ke rumah sakit, suamiku masih terbaring lemah. Aku menggendong anak kami dan membaringkannya diatas dadanya sambil berkata: "Sayang, bukalah matamu sebentar saja, lihatlah anak kita. Aku mau dia merasakan kasih sayang dan hangatnya pelukan ayahnya".Dengan susah payah dia membuka matanya, tersenyum... ......... ..anak itu tetap dalam dekapannya, dengan tangannya yang mungil memegangi tangan ayahnya yang kurus dan lemah. Tidak tahu aku sudah menjepret berapa kali momen itu dengan
kamera di tangan sambil berurai air mata........ ......... ...

Sahabat terkasih...., budhe sharing cerita ini agar kita semua bisa menyimak pesan dari cerita ini."Jika ada sesuatu yg mengganjal di hati diantara pasangan kita yang saling mengasihi, sebaiknya utarakanlah jangan simpan di dalam hati Ini adalah cerita sebenarnya ( diceritakan oleh Lu Di dan Lian Shu Xiang )


27 komentar:

alnect computer mengatakan...

bkin merinding ceritanya..
hebat...
makasih...
lam kenal dari natanvoda

Keke Naima mengatakan...

sy pernah baca crt ini sbelumnya budhe.. tp bener y budhe, komunikasi yg terjalin dg baik insya Allah mampu menyelesaikan semua masalah sepelik apapun

Elsa mengatakan...

budhe...its a really nice story.
thanks for sharing

Lifi Family mengatakan...

Crita ini Banyak kasih pelajaran, meskipun ada kata yg kurang pas antara nenek dan Ibu, tapi bisa dimengerti maksudnya..thx

Cengkunek mengatakan...

kesimpulan: mertua jangan serumah sama menantu

Yannie mengatakan...

Makasih selalu artikel2nya Budhe...Kangen deh sama Budhe...

Vivi Renissa mengatakan...

cerita yg menyentuh, sampai saya berlinang air mata.

Komunikasi adalah hal terpenting dlm berumah tangga.

Makasih ya Budhe...

CEMOLEX mengatakan...

Hmmm.. ngelus dada.. terenyuh banget =((

bunda yulia mengatakan...

jazakillah budhe..ceritanya sungguh menyentuh..

Anonim mengatakan...

dating agency [url=http://loveepicentre.com/]dating questions[/url] hotline personals http://loveepicentre.com/ under age dating

Anonim mengatakan...

teen bodybuilding girl [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/ayuda-para-dormir.htm]ayuda para dormir[/url] gluten intolerance obsessive compulsive disorder http://usadrugstoretoday.com/products/acticin.htm health content areas http://usadrugstoretoday.com/products/flagyl-er.htm
north tampa medical center [url=http://usadrugstoretoday.com/products/desyrel.htm]desyrel[/url] golan baro syndrome [url=http://usadrugstoretoday.com/products/propranolol.htm]pregnant urinary tract infection[/url]

Anonim mengatakan...

http://meen.in/cardura/cardura-side-effecrs
[url=http://meen.in/clarinex/clarinex-pseduoephedrine-togehter]anti drug icon[/url] cialis prices [url=http://meen.in/flagyl/macrobid-flagyl]macrobid flagyl[/url]
holbrook pharmacy http://meen.in/ceftin/is-gastritis-a-side-affect-of-ceftin
[url=http://meen.in/ergotamine/ergotamine-tartrate-caffeine]chris turner pharmacy denver[/url] van doren drug [url=http://meen.in/esomeprazole/esomeprazole-injections-ppt]esomeprazole injections ppt[/url]
drug war statistics http://meen.in/flagyl/flagyl-side-effects-long-term
[url=http://meen.in/fluconazole/fluconazole-vaginal-yeast-infection]why is team working important in pharmacy[/url] ariba drug [url=http://meen.in/ciprofloxacin]ciprofloxacin[/url] medicine people take for narcolypsy [url=http://meen.in/cardizem/atenolol-compred-to-cardizem-for-irregular-heartbeat]atenolol compred to cardizem for irregular heartbeat[/url]

Anonim mengatakan...

travel bags staff golf http://atravel.in/travel_sebastopol-travel travel beach accomodations
[url=http://atravel.in/cruises]zeppelin z278 le travel trailer[/url] uruguay and travel [url=http://atravel.in/adventure_alaska-winter-adventure-vacations]alaska winter adventure vacations[/url]
monogrammed jewelry travel http://atravel.in/cruise_rhapsody-of-the-seas-cruise-liner-what-location-is-it-at-now
[url=http://atravel.in/motel_libby-montana-motel]europe travel 2b backpacking[/url] easter 2008 rome travel [url=http://atravel.in/lufthansa_boeing-plan-documents]boeing plan documents[/url]
travel agency reviews http://atravel.in/airlines_central-baggage-services-american-airlines adult only castaways travel resorts [url=http://atravel.in/airlines_southwest-airlines-arrivals-and-departures]southwest airlines arrivals and departures[/url]

Anonim mengatakan...

preventing shoes squeaking http://topcitystyle.com/dsquared-sweaters-brand13.html merrel shoes [url=http://topcitystyle.com/goffo-jack-clubbing-brand74.html]garland fashion[/url] zappo shoes
http://topcitystyle.com/37-leather-shoes-size11.html designer cell phone lanyard [url=http://topcitystyle.com/s-sweaters-size10.html]traffic shoes[/url]

Anonim mengatakan...

eastland womens shoes http://topcitystyle.com/m-pullover-size5.html italian designer shoes online [url=http://topcitystyle.com/-hoodies-category11.html]heelys shoes for kids[/url] bronze shoes
http://topcitystyle.com/m-winter-jackets-size5.html best shoes for plantar fashiitis [url=http://topcitystyle.com/48-shirts-size1.html]roxy shoes[/url]

Anonim mengatakan...

seventh avenue fashion http://topcitystyle.com/guess-on-sale-brand21.html kohl hahn shoes [url=http://topcitystyle.com/-round-neck-category45.html]laurentian university sudbury[/url] clothes for larger ladies
http://topcitystyle.com/l-classic-size7.html candy shoes [url=http://topcitystyle.com/-stretch-jeans-women-category80.html]maternity fashion trendy[/url]

Anonim mengatakan...

hentai male boy http://theporncollection.in/gay-man/enola-gay-atomic-bomb-little-boy
[url=http://theporncollection.in/sex-mature/mature-sybil-blonde]tied to bedposts porn[/url] doctor shameless hentai [url=http://theporncollection.in/sex-mature/mature-womens-pussy]mature womens pussy[/url]
free adult download http://theporncollection.in/hentai-sex/metal-gear-hentai-solid
[url=http://theporncollection.in/free-hentai/torrent-hentai-games]pokemon sexy commander mars[/url] monica dark cloud hentai [url=http://theporncollection.in/best-porn/julia-crow-porn]julia crow porn[/url]
atlanta ga adult sex toy stores http://theporncollection.in/lesbian-video/free-lesbian-porn-free-movie
[url=http://theporncollection.in/porn-dvd/old-grannies-raped-porn]castle silicone higge lubricant[/url] crouse hinds stl thread lubricant [url=http://theporncollection.in/mature-woman/hairy-mature-lady-sonia]hairy mature lady sonia[/url]
hentai interactive http://theporncollection.in/porn-galleries/gregs-porn-blog
[url=http://theporncollection.in/gay-boy/los-angeles-gay-pride]deep anal fisting[/url] guy rubbing sexy clips [url=http://theporncollection.in/gay-xxx/gay-cruise-lines]gay cruise lines[/url]

Anonim mengatakan...

adult acneol http://xwe.in/nylon/rht-nylon-pictures
[url=http://xwe.in/ass-sex/teens-tits-and-ass]lesbian anal sex story[/url] pattern for adult key collar fleece poncho [url=http://xwe.in/gay-boy/club-orlando-gay-bath-florida]club orlando gay bath florida[/url]
virgin jewlers http://xwe.in/adult-xxx/dressup-dolls-adult
[url=http://xwe.in/teen-ass/free-ass-xxx]adult comics fairies[/url] mercury marine outboard lubricant [url=http://xwe.in/adult-xxx/scholarship-adult]scholarship adult[/url]
shannen doherty porn photos http://xwe.in/erotic-gay/erotic-survivor-download
[url=http://xwe.in/gay-anal/horny-gay-pounding]virgin islands rising stars[/url] adult cutters self help [url=http://xwe.in/erotic-stories/stockings-suspenders-bisexaul-erotic-stories]stockings suspenders bisexaul erotic stories[/url]
anal fotos http://xwe.in/thong/thong-designes
[url=http://xwe.in/blowjob/humor-n-sex-blowjob]free dildo videos[/url] giant anal dildo fucking [url=http://xwe.in/shemales/shemales-free-mpegs]shemales free mpegs[/url]

Anonim mengatakan...

body building clothes man http://www.thefashionhouse.us/on-sale-page44.html most comfortable womens shoes [url=http://www.thefashionhouse.us/32-shorts-and-capri-size13.html]indie clothes[/url] high end fashion liquidation
http://www.thefashionhouse.us/?action=products&product_id=2547 port townsend house designer aron [url=http://www.thefashionhouse.us/cream-sky-blue-shirts-color153.html]running shoes arch support pronation[/url]

Anonim mengatakan...

how to make the penis larget [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/female-enhancement.htm]female enhancement[/url] grey gum http://usadrugstoretoday.com/products/xenical.htm
heart healthy side dishes [url=http://usadrugstoretoday.com/products/brahmi.htm]brahmi[/url] immune system herbal tea [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zyprexa.htm ]providence breast lift [/url] medical cabinets
avia medicine [url=http://usadrugstoretoday.com/products/atarax.htm]atarax[/url] cat joint medicine safwty http://usadrugstoretoday.com/products/cymbalta.htm
mental health las vegas nv [url=http://usadrugstoretoday.com/products/hyzaar.htm]hyzaar[/url] exercise for busy person and to prevent heart disease [url=http://usadrugstoretoday.com/products/glucotrol-xl.htm ]louisiana office of public health and sanitation services [/url] garlic pills yeast infection

Anonim mengatakan...

lowest price on acamprosate calcium [url=http://usadrugstoretoday.com/products/plendil.htm]plendil[/url] liddls syndrome http://usadrugstoretoday.com/categories/la-salute-delle-donne.htm
blood lust snicker snicker in wide screen [url=http://usadrugstoretoday.com/products/torsemide.htm]torsemide[/url] chinese medicine herbs guide [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tretinoin-cream-0-05-.htm ]how much do diet and exercise count [/url] when did the great depression take place
arrector pili muscle [url=http://usadrugstoretoday.com/products/vasotec.htm]vasotec[/url] breast anatomy surgery http://usadrugstoretoday.com/products/zantac.htm
marijuana health facts [url=http://usadrugstoretoday.com/products/atarax.htm]atarax[/url] teen girl masturbates orgasm [url=http://usadrugstoretoday.com/products/acai-natural-energy-boost.htm ]jesuit tea [/url] vitamin supplement pro cons

Anonim mengatakan...

laurentian university http://www.thefashionhouse.us/dolce-amp-gabbana-scarface-long-sleeve-top--item2520.html northwest interior designers [url=http://www.thefashionhouse.us/black-multicolored-evening-cocktail-color63.html]being fashion model top[/url] dog walking shoes
http://www.thefashionhouse.us/?action=products&product_id=2046 how to fade clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/gianfranco-ferre-shirts-brand23.html]working conditions for fashion designers[/url]

Anonim mengatakan...

new balance man basketball shoes http://luxefashion.us/energie-fabric-bags-brand65.html eliptic filter designer [url=http://luxefashion.us/underwear-dolce-amp-gabbana-category35.html]child fashion lolita[/url] elderly fashion
http://luxefashion.us/la-martina-trendy-zip-jacket-for-men-athletic--item1389.html mens adidas shoes [url=http://luxefashion.us/g-star-on-sale-brand42.html]kleine pimmel[/url]

Anonim mengatakan...

can mediterranian diet alter body composition [url=http://usadrugstoretoday.com/products/viramune.htm]viramune[/url] healthy way for teens to loss weight http://usadrugstoretoday.com/products/fml-forte.htm
the heart of worship bob bitner [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/colesterolo.htm]colesterolo[/url] laser therapy to quit smoking [url=http://usadrugstoretoday.com/products/zithromax.htm ]increased semen after taking allergy pill [/url] florida medical malpractice claims counsel
vitamin b hair growth foods [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/generale-per-la-salute.htm]generale per la salute[/url] h pylori infection treatment http://usadrugstoretoday.com/products/accupril.htm
medical errors adverse events [url=http://usadrugstoretoday.com/products/starlix.htm]starlix[/url] depression ruby stem [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ventolin.htm ]dose fish oil for anxiety depression [/url] us medical procedures

Anonim mengatakan...

http://xwv.in/loratadine/prelone/loratadine
[url=http://xwv.in/lexapro/lexapro/good]course pharmacy technician[/url] drug wars online free download [url=http://xwv.in/nervousness/doctors/treatments/for/anxiety/and/nervousness]doctors treatments for anxiety and nervousness[/url]
central pharmacy corporation in arkansas http://xwv.in/lisinopril/lisinopril/watson/10/mg
[url=http://xwv.in/mycelex/mycelex/filters]economic complusive drugs and crime[/url] list in house pharmacy companies [url=http://xwv.in/osteoporosis/osteoporosis/nausea]osteoporosis nausea[/url]
prescription drug called soma http://xwv.in/labetalol/labetalol/during/pregnancy
[url=http://xwv.in/lopid/pictures/of/lioresal]giant pharmacy shrewsbury[/url] drug identifacation information [url=http://xwv.in/paroxetine/paroxetine/wholesale]paroxetine wholesale[/url] drug stores for caverject [url=http://xwv.in/pain-relief/neuter/pain/relief]neuter pain relief[/url]

Anonim mengatakan...

baccarat crystal heart http://xwn.in/slot_slot-developers samsung blackjack cnet
[url=http://xwn.in/slots_nickle-slots]best paying online craps casino[/url] vfw medford ma bingo [url=http://xwn.in/betting_betting-line-clemson-vs-florida-state-football]betting line clemson vs florida state football[/url]
lottery losses tax credit http://xwn.in/bingo_free-online-games-bingo
[url=http://xwn.in/online-casinos_oklahoma-border-casinos]gulport casinos[/url] bingo cages [url=http://xwn.in/jokers_jokers-comedy]jokers comedy[/url]
casino bonuses blackjack cards http://xwn.in/joker_joker-avatar casino boy [url=http://xwn.in/roulette_okie-roulette]okie roulette[/url]

Anonim mengatakan...

heath ledger joker pic http://lwv.in/jackpot/homestead-jackpot-rodeo gambling abuse
[url=http://lwv.in/joker/picture-of-the-joker]austrailians win lottery[/url] mirage casino poker [url=http://lwv.in/blackjack/blackjack-trainer]blackjack trainer[/url]
lottery gov http://lwv.in/slot/stereo-with-sd-slot
[url=http://lwv.in/betting/william-hill-online-betting]gambling and baseball and history htm[/url] casino standish michigan [url=http://lwv.in/roulette/single-zero-roulette]single zero roulette[/url]
vegas online betting http://lwv.in/blackjack/to-play-blackjack-onlinecasino frequently asked questions belaggio hotel and casino las vegas [url=http://lwv.in/keno/to-win-keno-free-online-casinos]to win keno free online casinos[/url]

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...