Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Kamis, 18 Juni 2009

"Disiplin Pada Anak"

Bismillahi wasyukurillah...hwaaah.. beneran ga' ada gairah blas ni untuk mulai ngeblog lagi hmmm... gimana para sahabat smua.. masih tetep semangat yach??? baiklah,syukurnya masih tergetar serasa ada panggilan untuk kembali jumpa disini..untuk itu maafkan yach..Kesempatan ini budhe ingin mengajak untuk mendiskusikan tentang penanaman pola dislipin pada putra putri kita tercinta.
Sahabat.... pada umumnya disiplin lebih identik dengan "hukuman"maka kebanyakan kita menggunakannya hanya sebatas ketika anak anak melanggar peraturan atau mengabaikan perintah orang dewasa.Hyeaach.. klo' gini mah ga' bakal nyampe dech pada tujuan kita untuk menanamkan disiplin pada anak,betul tidak...

Adapun tujuannya tentu kita sepakat yaitu untuk membentuk perilaku anak agar sesuai dengan harapan sosial sehingga kelak bisa diterima secara terpuji di masyarakat serta memberikan rasa aman dan nyaman dimanapun berada karna telah mengetahui apa apa yg boleh maupun yg tidak boleh dilakukan.
Untuk tujuan terpatrinya disiplin sebagai bagian dari kepribadian anak diperlukan beberapa hal yang mesti diterapkan yaitu adanya peraturan,hukuman serta penghargaan.

.
Sahabat.....
Pertama peraturan dimaksud akan membantu anak dalam mengekang perilaku yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan sekaligus mengenalkan pada mereka akan segala perilaku yang dapat diterima lingkungan.Tentunya disesuaikan dengan batasan umur pada perkembamngan masing masing anak.

Kemudian hukuman yaitu sebagai ganjaran dari perbuatan salah atau perilaku mereka yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.Bener banget ni Sahabat... kita mesti konsisten dalam menerapkannya sehingga anak anak faham bahwa peraturan yang dilanggar akan mendapatkan hukuman.Selain itu ... kita mesti memilih hukuman yang sekiranya tidak membuat anak merasa terhina rendah ataupun memendap rasa permusuhan terhadap kita selaku orang dewasa.

Selanjutnya pemberian penghargaan atau reward.Hal ini akan memotivasi anak anak untuk selalu berperilaku sesuai harapan.Hmmm... tentu saja Sahabat .... reward itu tak harus berupa hadiah benda kesukaan,kata kata pujian,senyuman,peluk cium merupakan reward sederhana yang bisa diberikan.

Yang terpenting dari itu semua adalah bahwa dalam penerapan disiplin pada anak anak,kita tidak boleh terlalu keras sebab kaku keras dan otoriter ini akan berakibat menghancurkan kepribadian anak.Selintas memang anak menurut karena ketakutan namun diwaspadai suatu saat bisa meledak rasa permusuhannya dan lebih berbahaya lagi adalah tumbuhnya anak menjadi remaja manis didalam dan nakal diluar rumah.

Sahabat... kita menerapkan disiplin ini bermaksud agar anak anak kita mandiri dalam berfikir dan berperilaku dalam kehidupan sosial keluarga maupun mesyakakat pada umumnya.Modal kita sebagai orang tua adalah komunikasi yang baik disertai sikap tulus sepenuh kasih dalam menyampaikannya.

Selanjutnya budhe mohon masukan dari Sahabat smua mengefektifkan penerapan disiplin pada putra putri kita... makasih yach.. dan maafkan untuk kalimat yang tak diharap

4 komentar:

Bunda Nayla mengatakan...

Betul budhe...disiplin pada anak harus mulai ditanamkan sejak dini.Susai dengan tingkatan usia, selain melatih kemandirian juga belajar untuk bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan. Makasih budhe infonya berguna banget buat perkembangan Nay.:)

sii melyn mengatakan...

bener budhe. mendisiplinkan anak memang harus sesuai usia.

anak umur 3tahun kan gak bisa disamain sama yang umur 17.
makanya kenapa diharapkan orang tua itu bisa cerdas dalam nentuin sikap.

karakter si anak juga harus dipertimbangkan.
ada anak yang gak bisa dikerasin, kalo dikerasin malah makin keras.
jadi ortu juga mesti pinter2 melihat karakter si anak.

nice post nih!

budhe mengatakan...

Terima kasih tak terhingga untuk sahabat :
@Bunda Nay :Itu dia Bund yg semestinya kita usahakan.. smoga efektif dan membawa perubahan positif bagi tumbh kembang anak anak kita ya Bunda..
@Sii Mellyn : Biarkan anak anak berkembang tapi kita ortu punya kualifikasi sesuai aturan dan belajar mempelajari karakter anak akan sangat membantu.

genial mengatakan...

tp jika kasusnya pada anak yg bener2 balita... 2 tahun misalnya... kita emang blm sepenuhnya nerapin itu semua kan budhe... hehehehe.. saiia langsung ikutan panggil 'budhe' gpp kan ?!?!?? sekalian biar tambah akrap gtu... (so' akrab loo.. mang lo sape?!??!) hehehehe...

terimakasih wejengan2nya budhe... have a gorgeous week-end :)

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...