Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Sabtu, 17 Januari 2009

" Ramuan Herbal Mujarap Untuk Anak"

Anak balita kerap mengalami sakit karena tubuhnya memang masih rentan terhadap serangan penyakit. Untuk menyembuhkannya yang paling baik adalah melalui cara-cara yang alami. Berikut adalah beberapa ramuan herbal untuk balita :
1. Air Kelapa Muda & Kopi .
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak mengandung mineral kalium, yang banyak keluar ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, terserah anda. Dicampur dengan sedikit kopi (seujung sendok saja).


2. Brotowali (Putrawali, Andawali) .
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.


3. Jeruk Nipis.
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 sendok makan madu murni, 5 sendok makan air matang, lalu di tim selama 30 menit. Takaran minum bayi :- anak usia 6 bulan - 1 tahun : 2 kali 1/2 sendok teh- anak usia 1-3 tahun : 2 kali 1 sendok teh- anak usia 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sendok teh
Cara lain,potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak 3 kali 1 sendok teh per hari.


4. Kentang .
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan parutan kentang segar dioleskan pada bisul 3-4 kali per hari. Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat kentang yang mendingingkan.


5. Banglai .(bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam hari, balurkan parutan bangle segar di kening dan badan anak.

6. Minyak Zaitun.
Untuk mengobatai kerak kepala atau ketombe pada bayi (cradlle crap), sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit kepala.


7. Lidah Buaya .
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan mengoleskan daging daun lidah buaya pada permukaan kulit yang luka bakar.


8. Daun Pepaya .
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembukan penyakit malaria, panas, beri-beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring lalu minum airnya.


9. Temulawak .
Untuk menambah nafsu makan. Caranya 150 gram temulawak dan 50 gram kunyit segar dikupas, iris tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap digunakan. Aturan minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkit air hangat, diminum pagi dan sore.


10. Kencur .
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya 5 gram kencu sgar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sendok makan air putih matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sendok makan madu murni. Berikan 2-3 kali sehari.


11. Adas. .
Adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau yang kesakitan akibat keluarnya gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1 sendok teh adas dilarukan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran :- usia 6 bulan-1 tahun : 2 kali 1/2 sendok teh- usia 1-3 tahun : 2 kali 1 sendok teh- usia 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sendok teh.


Resep untuk penurun panas-batuk- pilek pada anak anak :
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun.
Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.


Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.


Smoga manfaat...
Sumber milis IMQ

23 komentar:

atca mengatakan...

wahh
makasih budhe resepnya..
bermanfaat banget nih..apalagi sekarang banyak obat2an kimia yang palsu yah..jadi takut juga tuhh..
mending pake yang alami seperti ini dulu deh..untuk tahap2 awal..br kalo ngga ada perubahan biasanya trus kedokter dehh..
makasih budhe resepnya...

Brigadista mengatakan...

Resep herball...alami dan aman,..waaahh keren resepnya bundha...

My Journey mengatakan...

obat2an yang alami lebih baik sekarang org byk yang kembali ke obat2an herbal ya budhe..??

Cengkunek mengatakan...

wa, mantap resepnya
herbal memang ideal untuk keamanan pengobatan
apalagi untuk anak2

budhe mengatakan...

@ Mba'Acha..mang reaksi obat alami ga' secepat obat kimia...kebiasaan yang lebih aman ajah..makasih ya..
@Brigassdista..Okay..makasih yach..
@My Journey..bener banget hayo kita budayakan untuk kembali ke alam..
@Cengkunek..makasih sambutannya ya..

ENDRIYANI mengatakan...

Makasih ya Budhe...resep-2 herbalnya TOP bgt nich!!!
Saya seneng banget ama obat herbal daripada yang kimia efeknya banyak bgt...

budhe mengatakan...

@Makasih ya Mama Talitha...sama dhonk ma budhe..tos dulu ah...

Penny mengatakan...

resepnya OK banget deh...

Yannie mengatakan...

Sebelum mencoba obat yang diresepkan oleh dokter anda, ada baiknya selalu mencoba resep obat tradisional, dengan penyajian yang benar akan memberikan khasiat yang diinginkan dan mempunyai efek samping yang bisa ditoleransi oleh tubuh ..Salut dengan Budhe...terimakasih...

ziezie veteriner mengatakan...

kalau ini utk orang dewasa bisa juga kan Budhe...btw ttg mengarahkan jd dokter hewan..adek diajak utk mengenal jenis binatang aj Budhe syukur2 bs diajak melihat dan interaksi langsung agar feel kepada dunia hewan tertanam dr skrg sehg kelak mempermudah progress dia utk makin cinta dunia binatang ..itu sdkt tips zie Budhe

budhe mengatakan...

@Mba' Zie..Insya Allah..mudah mudahan Mba' Zie..soale untuk budhe blum pernah nyoba.

Makasih banget untuk tipsnya yach.. hampir smua binatang fida suka bahkan mbersihin kotoran juga ga' canggung dia trus kasih susu botol ke sapi kucing dan monyetnya di kampung hmmm budhe mah geli ngliatnya..hiii..

Lifi Family mengatakan...

Herbal alami
info yg sangat berguna buat Livi, bude makasih ya udah sharing

mama icel mengatakan...

wah...obat alami gak kalah ma obat kimiawi...mana murah dan mudah didapat kecuali bengle dan brotowali susah sekarang budhe..di jawa masih banyak kali ya..tks bude..

Witha mengatakan...

Makasih bgt ya Budhe, ini bisa jadi bekal klo aku nanti punya anak.Tanamannya pun banyak yg bisa ditanam di pekarangan rumah ^_^

widie mengatakan...

ternyata banyak juga ya obat tradisional dan bagusnya ngga ada efek negatif buat anak neh makasih ya budhe udah sharing disini..bs aku cobain neh

bagus al haqq mengatakan...

walaupun aku blom nikah apalagi kawin
tapi ini penting buat diinget-inget

ke2nai mengatakan...

Ada beberapa resep herbal di sini sy udah tau, tp ada juga yg baru tau. makasie ya budhe buat resep herbalnya :)

bunda Ibad mengatakan...

makasih budhe..kebenaran kmrn ibad panas tinggi jadi resep budhe ba langsung di parktekin..Alhamdulillah manjur...

budhe mengatakan...

@Lifi Family,Mama Icel,Mba' Whita,Mba' Widie dan mas Bagus... makasih ya sambutan hangatnya..

@Ke2Nay dan Bunda Ibad..hmmm..Alhamdulillah... kita budayakan obat alami yach.. walaupun reaksinya agak lambat untuk menyembuhkan setidaknya kita percaya lebih aman daripada buatan pabrik kant ramuannya diracik dengan cinta ya..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

Obat alami memang lebih bagus ya budhe.. gak ada efk sampingnya.. aku jg kl sakit lebih suka minum yang tradisional..

Anonim mengatakan...

buy ativan ativan kidney damage - buy lorazepam online no prescription

Anonim mengatakan...

buy xanax where can i buy xanax online legally - buy xanax online cheap mastercard

Solusi Wc Yang Sering Mampet mengatakan...

saya sangat sekali dengan info nya
terus lanjutkan kreasai nya gan
sukses terus

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...