Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Minggu, 07 September 2008

"Anak pintar anak kreatif"

Setiap orang tua tentu mendambakan putra-putrinya mahir dalam segalanya dan pastinya untuk hal-hal positif.Pada kesempatan belajar saat ini saya ingin menampilkan bagaimana kreatifitas anak terbentuk dan mari kita sama-sama belajar mendampingi anak-anak kita yang kreatif.Ya lagi semangat nich...kant sudah dapet penyemangatnya hehe...sekali lagi terima kasih.


Dan yuk dilanjut.... eh tapi sebelum lebih banyak mengulas tentang kreatifitas anak,ada baiknya kita simak dulu hasil riset dari Dr.Dale Grubb seorang ahli perkembangan anak tapi jangan tanya itu orang dari mana berasal ya...ga' ada referensinya je... begini nich "anak yang orang tuanya benar benar membiarkan mereka,akan terbentuk menjadi lebih kreatif dibandingkan anak yang orang tuanya terlibat dalam proses kreatifitas mereka."



Kreatifitas sangat penting bagi penyesuaian pribadi dan sosial yang baik pada setiap anak.Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan kepribadiannya.Sungguh tak ada yang lebih memberikan rasa puas pada anak daripada menciptakan dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri dan juga tak ada yang lebih mengurangi harga diri anak daripada kritikan apalagi ejekan dari kita ataupun orang lain



Nah sekarang...gimana nich caranya supaya anak-anak kita kreatif dan lebih kreatif lagi...mau tau kant...sama deh saya juga kok...
*) Berilah kesempatan yang cukup.
Biarkan anak bermain main dengan konsep dan gagasannya sendiri serta biarkan dia mencoba dalam bentuk baru yang orisinal.Ingatlah jangan sampai kita membatasinya.
*) Dalam kesendirian.
Anak yang tidak mendapatkan berbagai tekanan dari kelompok akan menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan kehidupan imajinasinya.
*) Dukungan dari kita para orang tua sangat dibutuhkannya.
Bimbingan dan dukungan dari orang tua guru serta lingkungannya sejak dini akan menjadikan kreatifitasnya sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan karena merasa dianggap kebisaannya secara sosial
*) Sediakan sarana
Sarana bermain dapat merangsang dan mendorong anak untuk bereksperimen serta bereksplorasi dengan benda-benda sekelilingya.Mainan tidak harus mahal seperti kebanyakan kita memanjakannya dengan berbagai mainan modern.Tanah liat,dedaunan,batu kerikil,ranting pohon,kertas koran,manik-manik,biji-bijian dan lain sebagainya bisa menjadi sarana efektif menumbuhkan kreatifitas anak coba deh...
*) Pengetahuan.
Semakin banyak ilmu yang didapat anak akan semakin terasah pula kreatifitasnya
*) Hubungan orang tua dan anak.

Orang tua yang terlalu keras pada anak dapat memadamkan kreatifitas anak.Sementara orang tua yang terlalu posesif terhadap anak akanmengurangi percaya diri dan kemandirian anak.



Pilih mainan yang bentuknya mudah diubah-ubah seperti apa sih itu ya namanya ada yang menyebut malam ada juga yang bilang lilin mainan ya pokoknya yang diremed-remet trus dibuat macem-macem bentuk gitu atau bisa juga balok-balok susun.
Yang tak kalah penting adalah sanjungan dan pujian serta penghargaan dari kita orang tua atas apapun bagaimanapun hasil kreatifitas anak-anak kita.Akhirnya saya ucapkan selamat mendampingi anak pintar anak kreatif.Okay.......


Sumber : Satumed

12 komentar:

budhe Fakhrun mengatakan...

Bunda Rierie mengatakan...
tapi kalo kelewatan kreatif...bunda juga yang pusing 7 keliling ha..ha.... adel..ada award di tempat bunda buat adel..ambil yachhh

budhe Fakhrun mengatakan...

Makasih Bunda...cup chayank untuk si cantik Laras

ENDRIYANI mengatakan...

Oh gitu ya Budhe...!!! Ya emang sich daripada mainan mahal trus tapi gak buat anak kreatif...mendingan yang murah tapi bikin anak tambah kreatif dan tambah pinter tentunya ya Budhe...!!!

Terimakasih masukannya...

Herdin O. T. mengatakan...

Si KK Nasywa juga dah aktif banget budhe... cuma kadang dia suka tulis-2 apanya termasuk dinding, meja & lain-2. Beberapa bilang perlu diarahkan spy mencoret-2nya di atas kertas saja..

Ini termasuk pembatasan atau ga ya budhe..? mohon petunjuk..

budhe Fakhrun mengatakan...

Terima kasih untuk sambutan hangat atas artikel ini.Mari kita baring bentuk anak-anak kita sehat mandiri berkreasi.

mama kayla mengatakan...

Mama Adel..bagus banget postingannya. jadi inget sama kayla..sangking kreatifnya tembok di rumah udah penuh sama coretan gambar, dan sekarang paing suka main sama barang2 mamanya di dapur duhh sampe pegel ngelarangnya..gak taunya termasuk kreatif ya hi hi

Lyla mengatakan...

wah kalo kelewat kreatif malah membahayakan gimana tuh budhe cara mengatasinya?

budhe Fakhrun mengatakan...

kita nikmatin aja masa tumbuh mereka dengan bijak agar kita puas dikala mereka dah melewati masa kanak-kanaknya.

Tante Lyla kesini aja biar makin heran dengan betapa pencilatannya tiga unyilku ini tapi klo' lg bertamu alhamdulillah bisa duduk manis kok..hehe..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

wuih.. lengkap deh BUdhe postingannya.. Bener banget deh semua yang budhe tulis tuh emang sangat bermanfaat... makasih ya budhe..

gus mengatakan...

nah, mau konsul neh: kalo yang kelewat kreatif tuh papanya gmn budhe? hehehe

Kangmastyo mengatakan...

Anak saya Azka sepertinya akan aktif dan lincah juga. Walau baru 4 bulan tetapi sudah lincahnya bukan main. Kalau tidur di baby box bisa sruduk sana sruduk sini.
Alhamdulillah.

Ditunggu artikel lainnya ya

Anonim mengatakan...

[p]Notice we mentioned 隆掳premium price隆卤 not 隆掳premium quality . They have a multi-faceted, polished surface and high-tech construct materials, having a jewel-inspired earpiece [url=http://www.hdbeatsbydre.co.uk]beats by dre uk[/url] beauty . The enitre range has been designed to truly deliver the rich dynamics and [url=http://www.hdbeatsbydre.co.uk]beats by dr dre[/url] emotional impact of your favourite music . The sound won隆炉t be to everyone隆炉s tastes, though, so try before you buy . In addition, bane resistance, to aerate the mini-jacks 24 k gold arresting transmission . Coming into the season, this figured to be a tough division filled with [url=http://www.hdbeatsbydre.co.uk]beats by dre headphones[/url] a lot of experience and fire power . Currently known as Daisy, the new service is set to launch early next year . military battlefield http://www.[/p][p]With a loan of equipment, you will be able to highlight the real fascination associated songs . Them will be comfy while supplying the user with plenty support to handle the headphones hence they is not going to slip off . Dre New England Patriots Black

Ultimately, this type of helmet is to obtain greater market share for a reason, well, in fact, for two reasons . unexpurgated Monster foremost wa t carry out Fashionable Product based n th persuasion of Fash . Quality hearing protection Monster Beats By Dre Studio are a critical item to bring to the shooting range . Individuals in the music products of the greatest attention, they did find a market for general public consumption benefits of massive market opportunities: [url=http://www.hdbeatsbydre.co.uk]beats by dr dre headphones[/url] quality sound from your computer . 隆卤Instead, he described Daisy as being 隆掳like having your own guy when you go into the record store, who knows what you like but can also point you down some paths [url=http://www.hdbeatsbydre.co.uk]beats by dre headphones uk[/url] you wouldn隆炉t necessarily have encountered.[/p]

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...