Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Selasa, 07 Desember 2010

"Formula Kesempurnaan Hidup"

Ingin sukses di dunia maupun di akherat kelak .... ya tentu kita semua mendambakannya. Sahabat .... mari kita simak motivasi dari seorang motivator mulia dimana Allah Ta'alla sendiri yang menjamin kebenarannya dan merupakan petunjuk dan inspirasi untuk kesempurnaan hidup kita.



Dari Khalid bin Walid Radiallahu'anhu telah berkata: "Telah datang seorang arab desa kepada Rasulullah Muhammad SAW yang mana dia telah menyatakan tujuannya: Wahai Rasulullah sesungguhnya kedatangan aku ini adalah untuk bertanya engkau mengenai apa yang akan menyempurnakan diriku di dunia dan akhirat. Maka beliau bersabda kepadanya. Tanyalah apa yang engkau inginkan:

Dia berkata : Aku ingin menjadi orang yang alim. Ia SAW menjawab : Takutlah kepada Allah maka engkau akan jadi orang yang alim.

Dia berkata : Aku ingin menjadi orang paling kaya. Ia SAW menjawab : Jadilah orang yang yakin pada diri maka engkau akan jadi orang paling kaya.

Dia berkata : Aku ingin menjadi orang yang adil. Beliau SAW menjawab : Kasihanilah manusia yang lain sebagaimana engkau kasih pada diri sendiri maka jadilah engkau seadil-adil manusia.

Dia berkata : Aku ingin menjadi orang yang paling baik. Beliau SAW menjawab : Jadilah orang yang berguna kepada masyarakat maka engkau akan jadi sebaik-baik manusia.

Dia berkata : Aku ingin menjadi orang yang istimewa di sisi Allah. Ia SAW menjawab : Banyakkan zikrullah niscaya engkau akan jadi orang istimewa di sisi Allah.

Dia berkata : Aku ingin disempurnakan imanku. Beliau SAW menjawab : Perelokkan akhlakmu niscaya imanmu akan sempurna.

Dia berkata : Aku ingin termasuk orang yang muhsinin (baik). Beliau SAW menjawab : sembahlah Allah seolah-olah engkau melihatNya dan jika engkau tidak merasa begitu sekurangnya engkau yakin Dia tetap melihat engkau maka dengan cara ini engkau akan termasuk golongan muhsinin.

Dia berkata: Aku ingin termasuk mereka yang taat. Beliau SAW menjawab : Tunaikan segala kewajiban yang difardhukan maka engkau akan termasuk mereka yang taat.

Dia berkata : Aku ingin berjumpa Allah dalan keadaan bersih dari dosa. Beliau SAW menjawab : Bersihkan dirimu dari najis dosa niscaya engkau akan menemui Allah dalam keadaan suci dari dosa.

Dia berkata : Aku ingin dihimpun pada hari kiamat di bawah cahaya.Beliau SAW menjawab : Jangan menzalimi seseorang maka engkau akan dihitung pada hari kiamat di bawah cahaya.

Dia berkata : Aku ingin dikasihi oleh Allah pada hari kiamat. Beliau SAW menjawab : Kasihanilah dirimu dan kasihanilah orang lain niscaya Allah akan mengasihanimu pada hari kiamat.

Dia berkata : Aku ingin dihapus segala dosaku. Beliau SAW menjawab : Banyakkan beristighfar niscaya akan dihapus (kurangi) segala dosamu.

Dia berkata : Aku ingin menjadi semulia-mulia manusia. Beliau SAW menjawab : Jangan mencurigai sesuatu hal pada orang lain niscaya engkau akan jadi semulia-mulia manusia

Dia berkata : Aku ingin menjadi segagah-gagah manusia. Beliau SAW menjawab : Selalu menyerah diri (tawakkal) kepada Allah niscaya engkau akan jadi segagah-gagah manusia.

Dia berkata : Aku ingin dimurahkan rezeki oleh Allah. Beliau SAW menjawab : Selalu berada dalam keadaan bersih (dari hadas) niscaya Allah akan memurahkan rezeki.

Dia berkata : Aku ingin termasuk mereka yang dikasihi oleh Allah dan rasulNya.Beliau SAW menjawab : Cintailah segala apa yang disukai oleh Allah dan rasulNya maka engkau termasuk yang dicintai oleh mereka.

Dia berkata : Aku ingin diselamatkan dari kemurkaan Allah pada hari kiamat. Beliau SAW menjawab : Jangan marah kepada orang lain niscaya engkau akan selamat dari kemurkaan Allah dan rasulNya.

Dia berkata : Aku ingin diterima segala permohonanku. Beliau SAW menjawab : Jauhilah makanan haram niscaya segala Kalau akan diterimanya.

Dia berkata : Aku ingin agar Allah menutupkan segala keaibanku pada hari kiamat. Beliau SAW menjawab : Tutuplah keburukan orang lain niscaya Allah akan menutup keaibanmu pada hari kiamat.

Dia berkata : Siapa yang selamat dari dosa?. Beliau SAW menjawab : Orang yang selalu mengalir air mata penyesalan, mereka yang tunduk pada kehendakNya dan mereka yang ditimpa kesakitan.

Dia berkata : Apakah sebesar-besar kebaikan di sisi Allah?.Beliau SAW menjawab : Elok budi pekerti, rendah diri dan sabar dengan ujian (bala).

Dia berkata : Apakah sebesar-besar kejahatan di sisi Allah? Beliau SAW menjawab : Buruk akhlak dan sedikit ketaatan.

Dia berkata : Apakah yang meredakan kemurkaan Allah di dunia dan akhirat? Beliau SAW menjawab : Sedekah dalam keadaan sembunyi (tidak diketahui) dan menghubungkan kasih sayang.

Dia berkata : Apakan yang akan memadamkan api neraka pada hari kiamat? Beliau SAW menjawab : sabar di dunia dengan bala dan musibah."

Alhamdulillah ... menebar ukhwah mendulang manfaat happy blogging ..^.^..


Tidak ada komentar:

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...