Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Minggu, 19 Oktober 2008

"Gemuk Pada Anak Bukan Berarti Sehat"

Hallo Sahabat.........


Kita mulai Yuk belajar mengamati tumbuh kembang putra putri kita dan saat ini budhe ingin mengajak para sahabat semua mencermati kegemukan pada si kecil.Kita atau sebagian diantara kita pasti akan merasa gemas dan senang ketika melihat seorang anak montok dan nampak sehat menggemaskan.Kemudian kita akan merasa miris saat melihat seorang anak kurus walaupun dia lincah karena dianggap bakalan rawan terhadap penyakit.
Hihi... budhe punya anak yang kurus ya dialah si tengah Jiddan namun justru anak itu yang bisa dikatakan sangat jarang sakit sejak lahir.Dan memang pembawaannya tak pernah gemuk.Sama seperti sebagian orang tua lainnya ,sebagai orang tua tentunya budhe merasa cemas namun ketika sekarang agak merasa lega ketika berkonsultasi dengan beberapa ahli kedokteran yang menyatakan perlunya kewaspadaan orang tua terhadap anak yang mengalami kegemukan pada masa awal pertumbuhannya.Kegemukkan disinyalir dapat membawa resiko kesehatan tertentu serta menunjang masalah-masalah psikologis di masa dewasanya.Jadi sebagusnya ya yang sedang-sedang saja.okay yach setuju.... seeep lah.....
Jaman dulu banget nich kegemukkan merupakan lambang kemakmuran seseorang atau sebuah keluarga Namun saat ini banyak sudah orang tua pintar yang menganggap kegemukan bukan berarti sehat nah lho.... kita dukung yuk....kecuali bayi ASI yang memang gizi alami dan biasanya bertahan hingga dua tiga tahun.
Dikhawatirkan,seorang anak yang mengalami kegemukan di masa kecil akan terus berlanjut hingga ia dewasa yang berarti pula mempunyai kemungkinan resiko mengidap berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes,darah jantung serta infeksi bagian dada.Udah gitu biasanya nich ketika masuk usia sekolah anak yang kegemukan dijadikan bahan olokan teman-temannya dan lebih parah lagi adalan merasa dikucilkan atau setidaknya si anak akan merasakan kesulitan mengikuti kegiatan bermain bersama teman-temannya dan berarti pula akan terhambat ketrampilan yang penting bagi tumbuh kembangnya. Bila bertahan hingga usia dewasa mereka cenderung memiliki krisis kepercayaan diri.
Lalu apa sih yang menyebabkan kegemukkan dan klo' dah terlanjur punya anak yang kegemukkan gimana dhonk....
Tenang.... tenanglah sahabat semua... tak ada masalah yang tanpa solusi ah budhe ni sok tau aja seeh... iya hasil baca-baca ma lirak lirik sana sini juga ... jadi begini ...anak gemuk itu bukan bukanlah karena keturunan okay.... keliru banget jika orang mengatakan" Ya gimana lagi dah dari sononya mungkin anak saya gemuk tu nurun si anu.." Yang menjadi biang kegemukkan diantaranya :
1. Pola makan yang buruk.
Kebiasaan makan pada sebuah keluarga memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya penambahamn berat badan.Misalnya orang tua dah biasa tuh makan banyak sekali porsi sehingga anak akan mencontohnya tanpa mengenali kebutuhan sebenarnya dari tubuh. Atau juga kebiasaam makan makanan yang kaya kalori tetapi kurang bergizi seperti biskuit,kue,permen serta minuman dengan pemanis tambahan.
2.Hayo makannya dihabiskan!!!!
Orang tua yang memaksakan makan melebihi kebutuhannya akan menjadi kebiasaan bagi anak untuk makan lebih daripada porsinya dan tentu saja penambahan berat badan juga tak terkendali karena bagi anak yang penting orang tua senang dah mampu menghabiskan makannya.
3.Makan untuk pelarian.
Meskipun jarang dijumpai ,ada juga anak yang menjadi lahap makannya saat dia merasa stress dan cemas yang kemungkinan lingkungan yang kurang aman untuk dirinya baik dirumah ataupun sekolah.
4.Penyebab medis.
Ada juga nich anak yang habis sakit trus mengalami kegemukkan hingga keterusan.Nah yang ini budhe ga' ngerti kenapanya....
Yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk mengatasinya ialah membatasi makanan yang banyak mengandung kalori sedikit gizi (biskuit,permen,roti,keju dan minumam dengan pemamanis) Namun perlu diingat,jangan sampai kita melakukan diet ketat pada anak karena penurunan berat badan yang terlalu cepat bisa berdampak buruk pula untuk kesehatannya seperti lemas mudah marah ataupun tersinggung.Ya bener banget ... silahkan konsultasikan pada dokter ahli barangkali kegemukannya karena faktor medis atau psikologis.Trus apa lagi ya...ajaklah anak olah raga atau biarkan bermain berlarian daripada berjalan ataupun duduk-duduk saja bisa juga dan memang dianjurkan untuk anak yang kegemukkan supaya berenang dan bersepeda selama dilakukannya dengan riang gembira.
Nah sahabat budhe semua.... dengan kita mengetahui akan resiko kegemukan setidaknya kita bisa mengendalikan tumbuh kembang putra putri kita demi kesehatan serta masa depan cemerlangnya.Okay... sampai jumpa pada kesempatan belajar lainnya ya...

25 komentar:

Emi mengatakan...

bagus nih infonya....thanks Budhe

Keluarga kami mengatakan...

Bener..banget budhe..setuju di balik gemuk anak kecil skrng rentan penyakit, sayang ya padahal banyak orang tua yg masih gak paham kalau anaknya gak gemuk di bilang gak lucu. yg penting biar gak gemuk yg penting sehat euyy..asal juga jangan kurus banget he he..

Keluarga kami mengatakan...

Bener..banget budhe..setuju di balik gemuk anak kecil skrng rentan penyakit, sayang ya padahal banyak orang tua yg masih gak paham kalau anaknya gak gemuk di bilang gak lucu. yg penting biar gak gemuk yg penting sehat euyy..asal juga jangan kurus banget he he..

ENDRIYANI mengatakan...

Syukur dech...!!! Iya nich Budhe klo lihat anak orang gendut ngegemesin gitu lihat Talitha kurus kering kerontang kaya yg gak diurus...hehehehe

Emang Talitha jarang sakit trus lincah banget...Dah susah makan gak bisa diem...jadi makanannya langsung abis buat energinya gak ke badan kali ya...!!!

budhe Fakhrun mengatakan...

Okay Moms... makasih sambutan hangatnya dan mang bener yang penting sehat dan beri makanan bergizi terutama untuk makanan otaknya.

Yannie-Jepang mengatakan...

Betul...Budhe...Memang semua tidak boleh berlebihan..Yang harmonis dan seimbang yang lebih baik...Makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang....

widie mengatakan...

Bener tuh budhe..anak jgn kegemukan selain dia jd susah gerak jd ngga bagus bisa bikin penyakit. overweight di luar negri udah jd penyakit hantu ditakuti dimana mana hehehe

Yang penting sehaatt itu seh...susu cukup makan cukup jgn sampe berlebihan.

Rofi mengatakan...

berguna nih klo udah ber istri besok hehehehe.... berarti harus kurus yah hehe ampun bun......

Anggorowati mengatakan...

tulisannya bagus budhe.. makasih yah... jd kangen sm Raihan endut hehehe..

dina mengatakan...

budhe...ada yang bilang gemuk belum tentu sehat,kurus udah pasti sakit2an...hihihi...
dina sih belum punya anak budhe,tp ini info penting buat kita2..thanks yah..

^MyRadith^ mengatakan...

Budhe... emg bnr tuch, gemuk bkn berarti sehat. Jd terhibur neh bunda secara Radith badannya kurus bgt *tp sehat lohh hi hi hi*.

Riema Ziezie mengatakan...

wah budhe banyak tips nih...nanti zie contek ya kalau zie dah punya anak sendiri (n_n)

Hellen mengatakan...

Nice post.
Saya setuju ama budhe...
Kadang memang menggemaskan melihat anak yang tumbuh dengan badan gemuk berisi... pengennya dicolek... tapi kadang kita gak sadar gemuk bukan berarti sehat.
Bagus nih buat saya, insyaallah kalau dah jadi ibu hehehe

MyAvatarInside mengatakan...

well, memang "gemuk" dapat membatasi anak dalam mengeksplorasi dunianya yg penuh imajinasi. Lamban dalam beraktivitas, cenderung cepat merasa lapar, merupakan beberapa side effect yang muncul dari kegemukan tersebut.

memang segala sesuatu yang "sedang-sedang" dapat jadi panutan ideal, walau terkadang sulit dilaksanakan...

regards,
MyAvatarInside
http://3dsmaxsupport.blogspot.com/

mama icel mengatakan...

nice posting budhe..tks ya..anakku els ajuga ndut tuh..

infogue mengatakan...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/gemuk_pada_anak_bukan_berarti_sehat_

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Milla Widia N mengatakan...

kasian juga ya kalo ada anak kecil gemuk tapi ternyata tidak sehat... bisa jadi obesitas :( duhhh kalo gitu anaknya suruh diet habis2an deh...

Witha mengatakan...

Yupz...setuju banget deh sama Budhe. Gemuk justru bikin orang susah gerak n rentan penyakit. Pokoknya mah skrg, budayakan hidup sehat dengan makan makanan sehat juga olahraga. Bener2 hrs di jaga, karena semuanya titipan Allah.

tyas mengatakan...

nice info bude...
aku ngerasain waktu kecil org2 bilang aku lucu, tapi begitu SMP SMA masih tetep 'embot', gak ada lagi yg bilang lucu, hehe...

kebiasaan makan banyak (over) dr kecil susah diilangin..

Herdin O. T. mengatakan...

Memang betul tuh Budhe... anak gemuk buat apa kalo ga sehat.. tapi juga jangan kurus-2 banget kale ya.. tar disangka kurang gizi ato cacingan... hehe

rhein fathia mengatakan...

wah, info bagus nie... yang penting anak sehat! meski aku blom punya anak.. hihi.. :p

atmarfiani mengatakan...

Sipp Budhe...

Setuju banget, dulu waktu Nina masih umuran di bawah 3 tahun rada2 overweight, takut juga kalo keterusan...

Alhamdullilah sekarang BBnya dah ideal..

Emang tuch budhe suka sebel aja kalo anak kita dibilang "kok sekarang kurusan ya.." padahal kan yang penting anak kita sehat... dan kalo overweight kan nantinya kasian anak kita juga...

Febrie mengatakan...

informasi yg bagus secara ruben dulu juga sempet obesitas tuh waktu bayi ..

sesaat bersama budhe mengatakan...

ya yang penting sehat padat berisi serta lincah.Klo' gendut tu saat kena sakit atau sekedar batuk pilek biasanya lebih parah karena apapun sakitnya larinya ke sesak nafas.tak mesti ya budhe bilang biasanya.Tapi yg memiliki putra-putri gendut jangan berkecil hati usahakan selalu sehat dan bimbing ia supaya banyak bergerak.Terima kasih sambutan hangatnya.Salam sayang.

sesaat bersama budhe mengatakan...

ya yang penting sehat padat berisi serta lincah.Klo' gendut tu saat kena sakit atau sekedar batuk pilek biasanya lebih parah karena apapun sakitnya larinya ke sesak nafas.tak mesti ya budhe bilang biasanya.Tapi yg memiliki putra-putri gendut jangan berkecil hati usahakan selalu sehat dan bimbing ia supaya banyak bergerak.Terima kasih sambutan hangatnya.Salam sayang.

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...