Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Selasa, 16 September 2008

"Jangan bosen disuguh kurma terus ya...mo' hiatus dulu,mohon pamit"



Pohon Kurma yang dalam bahasa Arab disebut Nahlah, Kurma yang belum mateng, disebut Balah, Kurma hampir mateng disebut Ruthab, dan Kurma yang sudah mateng disebut Tamr.


Seperti banyak orang Indonesia tahu, Kurma berasal dari negara padang pasir.
Ia hanya berbuah ketika musim panas. Begitu juga di Qatar. Musim panas sedang hebat-hebatnya, maka di sepanjang jalan, pohon kurma yang budhe lihat pasti berbuah.


Tapi sebagian besarnya, buah kurma itu sudah dibungkus. Alasannya, sudah ada orang yang “tek-in” pohon kurma tersebut. Walaupun berada di pinggir jalan. Alasan lain, buah kurma mudah sekali jatuh, jadi jika tidak dibungkus, buahnya yang gagal akan jatuh dan mengotori lahan sekitar.


Harga kurma relatif. Tergantung dari jenis kurma yang dibeli. Untuk kurma yang tergolong biasa-biasa saja, perkilo mungkin bisa sekitar 15 -25 Qatari Riyal (Rp. 37 ribu - Rp. 57ribu). Untuk yang bagus bisa mencapai 60 Qr (Rp. 150 ribu). Harga-harga tersebut memang relatif mahal jika di jual di Indonesia. Tapi harga itu sudah termasuk murah untuk orang-orang yang tinggal Qatar.Itulah berkah summer yaitu tumbuhnya buah kurma yang disebut orang sebagai buah dari surga.Biasanya juga bertepatan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dimana selalu identik dengan kurma kurma dan kurma buah manis alami yang lezat berkhasiat.Konon seluruh vitamin mineral dan sumber gizi lainnya terdapat pada buah kurma ini kecuali vitamin c.Terutama kandungan kaliumnya yang berfungsi mencegah segala macam penyakit.


Ternyata pula nich.... ada khasiat lain yang tak kalah O.K yaitu bisa digunakan sebagai perawatan dan mencegah infeksi pada kulit kita.Ya kandungan vitamin B6 serta protein yang terdapat pada setiap buah kurma dapat mencegah penuaan dini serta kerutan .Wah...ini dia untuk budhe manfaat banget nich moga aja ga' muales hihi... ya secara umur dah banyak hiks dah tua tapi maunya jangan keriput dulu whell!!!


Mau tau kant caranya...... Yuk....disimak eh dipraktekkan ya ...mumpung lagi mbludag tu kurma dijual dimana-mana ntar klo' Ramadhan dah pergi...hiks...belum tentu mudah didapat ya kant...Selain sebagai menu berbuka...yuk kita manfaatkan kurma sebagai scrub caranya :Blender kurleb sepuluh biji kurma tanpa biji dan campur dengan outmeal hingga larut dan lembut.Kemudian oleskan ke seluruh badan dan wajah ya...mang lengket dan ga' nyaman gitu...trus setelah kurleb seperempat jam baru deh mandi seperti biasa...ga' usah pake sabun dulu ya...
Tuh kant...ga' nyaman yang tadi tu terbayar dengan hasil kulit yang lebih cerah bercahaya...Alhamdulillah.... Tetap segar ceria saat berpuasa.

8 komentar:

Bunda Rierie mengatakan...

waduh..budhe masa bunda ditinggalkan sendiri dengan kurma aja sekarung? budhe jangan lama2 yaaaaa... ntar kalo udah balik kasih tau bunda lochhhh, thr-nya bunda kirim lwt udara ciatttttt

Novy Chrystiana mengatakan...

mau coba aah,resep masker kurmanya! kan umurku udah lumayan banak (hiks...alhamdulilah...) so umur banyak tp pengen tetep muluuss.....whuekekekek....

Go Out mengatakan...

Di Qatar harga kurma sekilonya berapa budhe? Lebih murah dibandingkan di Indonesia ya?

Lyla mengatakan...

wah... kok hiatus... mau kemana... budhe??? jgn lama2 ya...

atmarfiani mengatakan...

Budhe, ada lagi niy kasiat Kurma. Jus Kurma bisa membantu menaikkan kadar trombosit dalam darah, berguna banget buat yang terserang penyakit Demam Berdarah...

Btw mau dunk Budhe Kurmanya, secara di Jakarta kurma yang bagus harganya mahal banget...

bintang mengatakan...

kurma ??
baru2 ini suka..
tenyata enak ya,, ;)

Long Ai Tian mengatakan...

ihhh ngiler deh liat kurma nya....

Asih Evan mengatakan...

walau terlambat komentnya gpp ya. Seneng banget lihat kurma bergelantungan di pohon gitu budhe. Dulu waktu di Mekkah juga diajak jalan ke kebun kurma, tapi gak perhatian segitunya..

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...