Rumah budhe

"Marhabaaan... Terima kasih Telah Berkunjung Dan Silahkan Tinggalkan Komentar ...."

Rabu, 20 Agustus 2008

"TENTANG KAKAK FIDA"



Fida yang Desember nanti genap delapan tahun sekolah di "The English Modern School"yang berbasis British Curriculum dan tahun ini masuk grade year 3 atau kelas tiga.
Sebagai orang tua tentu .kami seneng juga ketika mendengar guru kelasnya Mrs.D.Tucker mengatakan kalau Fida memiliki kemampuan diatas rata-rata.Padahal Mrs.Tucker itu kepala sekolah tapi merangkap wali kelas di year 2 yellow.Demikian komentar gurunya pada Akademic Report milik Fida :
English Reading : Fida is an excellent reader.She reads whit fluency and understanding.She shows a genuine love for reading and this should be ecchoraged.
Ya sedari kecil Fida memang seneng sekali membaca dan kami terapkan motto "Membaca adalah kesukaanku dan menulis adalah kebiasanku" berlaku hingga sekarang.
Oh ya untuk kawan-kawan ortu yang ada di Indonesia yang putra-putrinya sudah baru bisa membaca kami ucapkan selamat ya.... dan selanjutnya ...coba deh arahkan ke minat bahasa Inggris,dulu Fida pake buku pemula yaitu "Cakap Membaca Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak" Basic Reader 1 - 3 penerbit TITIK TERANG bukunya tipis murah,Fida yang waktu itu baru tiga tahun dan baru bisa baca seneng juga dengan bukunya.Banyak sih buku-buku bagus lainnya tapi itu yang kami gunakan.Kemudian untuk komunikasi interaktifnya Fida dulu pake "Kid English"bentuk paket VCD dari Emperor Edutainment.Yang ini menyenangkan dan cepet banget hasilnya.
Independent writing : Fida has excellent writing skills and an ekstensive vocabulary.She is able to write at lengt about given topic.She writes whit clarity and makes good use of punctuation,adjectives adn adverbs.
Ya Fida sedari kecil sebagaimana anak-anak pada umumnya suka sekali menggambar dan mewarnai dan sengaja saya tidak membelikan buku-buku mewarnai yang biasanya sudah terdapat gambar-gambar tinggal mewarnainya namun saya kasih aja kertas kosong atau bekas kalender dan pensil warna jadi sambil main dia menggambar apa saja yang disukainya serta selalian belajar menulis apa-apa yang sudah dia gambar sehingga lain waktu pas dia bosan nggambar dia bisa menceritakan gambarnya kembali.
Comprehension work :Fida excels in this area
Karena kebiasaanya menulis sejak kecil sehingga apa saja yang barusan dikerjakan dia deskripsikan dalam bentuk kalimat pendek sederhana di bukunya.Wah yang ini saya ibunya pun kadang ga' boleh lihat buku catatannya dan sebagai ortu sayapun menghormatinya.
Spelling and dictation :Fida always archieved full marks for her spelling and dictation tests.
Spoken English : Fida extensive vocabulary allows her to express her ideas clealy.She always made a contribution to all discussions.
Nah ini nich dia kant seneng tuh dengan bahasa Inggrisnya sementara saya emaknya ga' ngerti cas cis cus gitu waktu kecil biasanya belajarnya sama ayahnya atau gambar-gambar bukunya.Sempat suka ngambek geger juga karena ga' nyambung sama saya hehe...Jadi dalam seminggu dulu tu ada satu hari yaitu hari Rabu khusus harus pake bahasa Inggris.Lha tentu saja saya waktu itu banyak diemnya lha binu' sih..trus telphonan aja dia laporan ma ayahnya yang lagi kerja.Kirain karena ngomongnya aja belum jelas banget waktu itu ya bahasa ibu dulu dimatengkan tapi ternyata hasilnya oke juga..ya sudah..
Math : Fida grasps new concepts with minimum explanation.She has excellent understanding of allconcepts done.She achieved excellent scores in all the tests.
Ini foto Fida dan kawan-kawannya bersama
Mrs.D.Tucker .Syukur Alhamdulillah Fida nyaman pake kerudung walaupun cuma dia sendirian di kelasnya.Ya ia lah...gadis ibu gitu looh....
"MENGAJAR BALITA MEMBACA"

Balita merupakan masa yang paling peka terhadap apapun yang kita suguhkan serta ajarkan karena masa inilah pembangunan otaknya sangat pesat.Apabila anak-anak kita dirangsang belajar sambil bermain bergembira sejak dini,dikenalkan pada setiap benda sekelilingnya atau yang ditemuinya maka hasilnya akan jauh lebih cerdik daripada anak yang tidak mendapatkannya.
Umumnya anak-anak umur tiga sampai lima tahun sangat gemar untuk belajar membaca,menulis dan mengira.Ya sudah jadi fitrahnya memang masa itu mereka senang mengasah kebolehan dan belajar untuk diakui keberadaannya oleh orang dewasa.Sesuatu yang dilakukan anak dan diperhatikannya oleh kita pada usia ini akan tersimpan dengan jelas dalam memorinya untuk digunakan pada masa masa yang akan datang.
Hal yang paling mendasar untuk ditanamkan selain perilaku yang baik kita sebagai teladan adalah kemampuan untuk "membaca". Ya kadang banyak para orang tua yang menuntut ketrampilan membaca ini didapat dari sekolah pada level TK (Taman Kanak-Kanak) padahal tak satupun kurikulum Tk yang mentargetkan siswanya untuk bisa membaca.Maka kitalah orang tua yang seyogyanya membekali dari rumah dimulai sejak dini.
Sebelum berbicara banyak tentang mengajar anak membaca,ijinkan saya mengungkap bahwa Fida anak pertama saya dulu sudah bisa membaca pada usia tiga tahun,sebelun masuk TK biasa baca koran serta berita berjalan di Metro TV dan tentu saja sangat membanggakan bagi saya sebagai ibunya waktu itu.Namun setelah kumpul-kumpul dengan ibu-ibu lain juga dapet info dari beberapa buku dan majalah pendidikan anak,ternyata telah banyak anak dibawah tiga tahun sudah dapat membaca.Whell..mungkinkah??? kant ngomongnya aja masih cedal..ternyata juga nich mereka mengajarkan membaca sejak putra putri mereka masih bayi.Haaah..gimana mungkin..lha ini yang saya sendiri ga' ngerti ilmunya gimana ngajarin bayi bawah setahun untuk membaca.Mungkin sewaktu anak sudah bisa duduk biasakan mainan buku walaupun digigitin awalnya juga permainan kartu warna-warni untuk mempertajam penglihatannya sambil disisipin tulisan bergambar.
Kita faham bahwa membaca adalah jendela dunia dan hampir seluruh proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca sehingga penting ditanamkan pada anak sedini mungkin asal syaratnya tidak ada unsur pemaksaan.Arti membaca bukan hanya dalam pengertian sesungguhnya yaitu membaca tulisan namun merasakan dengan panca indra kita terhadap alam semesta ini juga termasuk kategori membaca.
Jika pada usia sebelum masuk sekolah belum dapat membaca,jelas ada sesuatu yang keliru dan ini terjadi pada anak kedua saya tercinta" Jiddan" yang sudah melewati lima tahun pertamanya.Setelah konsultasi beberapa dokter anak kami tersebut dinyatakan kekurangan nutrisi yang ke otak.Percaya ga' percaya usaha aja gimana caranya untuk menambah nafsu makannya (mang kurus banget dia hiks) walaupun ideal kesehatan anak-anak bukan diukur dari gemuk kurusnya tapi tumbuh kembang sesuai umur,tidak gampang sakit serta sesalu ceria.Namun nglihat anak ceking rasanya miris banget mesa'ne ngono sampe mikir kurang apa ni anak.Sekarang ini dia sudah mulai semangat kalau diajak belajar sambil bermain terutama minatnya terhadap kegiatan membaca ya pelan tapi pasti tak ada kata terlambat.
Perlu ditekankan....jangan memulainya dengan pengenalan abjad A - Z berurutan.. lha kelamaan bener namun :
#. Awalilah dengan mengenalkan huruf vokal a - i - u - e - o setelah betul -betul hafal dan mengamati bentuknya,barulah mulai ditambah konsonan "b" gabungkan! otomatis anak bisa membaca ba - bi - bu - be - bo sambungkan selang seling menjadi satu kata misal bobo - babi dsb.....
#. Kemudian mulai ditambah konsonan "m" gabungkan selang seling
#Kemudian mulai ditambah konsonan "l/el" gabungkan selang-seling
#Kemudian ditanbah konsonan "s" gabungkan selang-seling
#Kemudian mulai ditambah konsonan "t" gabungkan selang- seling
#Nah setelah anak senang dan menggebu berminat,buatlah kalimat sederhana dengan menggunakan huruf-huruf tersebut secara fariasi misalnya : bola mama satu (otomatis anak bisa baca) terus buatlah beberapa kalimat...
#Tanpa disadari anak kita tambahkan satu-satu huruf abjad hingga habis A - Z dan anak sudah bisa baca dua suku kata kant....
#. Setelah selesai semua barulah anak mulai belajar membacanya dengan akhiran misalnya "makan "
Dalam proses belajar mengajar membaca ini ,gunakan tulisan tangan kita sendiri bukan memakai buku cetak.
Tahap berikutnya anak sudah siap membaca buku yang sesungguhnya,sering-seringlan anak diajak ke perpustakaan atau toko buku.Pilih buku yang teks dan gambarnya terpisah,sesuaikan levelnya yang biasanya ditandai dengan perbedaan ukuran hurufnya.
TRALLLA......dalan waktu kurang dari dua bulan, akhirnya anak kita dari belum tahu apa-apa hingga pandai membaca di usia dini.Sekarang tinggal mengisinya...berilah bacaan yang bermutu dan jawablah setiap pertanyaan anak dengan gembira,jangan tegang,jangan membosankan jangan memaksa,jangan jangan..lha jangan kebanyakan "jangan".
Itu semua teori yang bisa diterapkan terhadap anak kita di Indonesia dan setelah kini pindah ke luar negeri yang pengantarnya pake bahasa Inggris,nah lho susah juga untuk yang baru setengah-setengah belajarnya mesti dirombak semua dan saya belum menemukan cara praktisnya untuk mengalihkannya karena memang ya jelas beda.Ada ide......???
Label:
diposting oleh Belajar Dan Belajar @ 14:44 6 Komentar

Tidak ada komentar:

Tulisan budhe lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...